Mengoptimalkan Bisnis dengan IBM Planning Analytics


Mengoptimalkan Bisnis dengan IBM Planning Analytics

Mengoptimalkan Bisnis dengan IBM Planning Analytics

Dalam era kemajuan teknologi yang pesat, penggunaan Artificial Intelligence (AI) semakin menjadi tren yang penting dalam dunia bisnis. Dalam sebuah webinar yang bertema "Transforming Your Business with AI Powered Solutions" yang diselenggarakan oleh Cloud Computing Indonesia, Jeremy Nathanael, Brand Partner Specialist - Data & AI di PT IBM Indonesia, sebagai salah satu narasumber yang menjelaskan tentang bagaimana IBM memanfaatkan teknologi untuk menyediakan solusi AI dan mengimplementasikannya dalam berbagai aspek bisnis.

Jeremy Nathanael menekankan bahwa salah satu komponen penting dalam penerapan AI adalah data. Data menjadi komponen utama dalam mengukur seberapa pentingnya informasi tersebut disimpan dan dikelola dengan baik. Dalam konteks ini, analisis data digunakan sebesar 20% untuk meningkatkan produktivitas penjualan dan 10% untuk meningkatkan volume penjualan.

IBM Planning Analytics hadir sebagai platform yang memandu organisasi dari raw data sehingga dapat membantu bisnis mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Sebagai contoh, kasus yang ditangani oleh IBM di perusahaan Vaasan, sebuah perusahaan produsen roti, pada saat terjadi pandemi COVID-19. Perusahaan Vaasan menghadapi tantangan besar, namun dengan bantuan solusi IBM Planning Analytics, mereka mampu mengambil keputusan berdasarkan data yang diperoleh saat itu juga.

Selain itu, IBM business analytics juga memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan bisnis perusahaan dengan memberikan kecepatan dan fleksibilitas untuk membuat keputusan yang lebih akurat. Ada enam aktivitas yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan, yaitu: menganalisis data, memprediksi tren, merencanakan strategi, menjalankan rencana, memantau kinerja, dan melaporkan hasil. Melalui planning analytics, perusahaan dapat dengan cepat merumuskan strategi, mengambil keputusan yang lebih tepat waktu, dan mengukur hasilnya secara efisien.

Jeremy juga menyoroti pentingnya analisis data dalam mengimplementasikan AI. "Analisis data membantu AI untuk membuat keputusan yang lebih baik. Tanpa proses analisis yang baik dan penggunaan data yang akurat, kecerdasan buatan yang dihasilkan akan sia-sia," jelasnya. Dengan memanfaatkan platform IBM Planning Analytics, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, merespons pasar dengan lebih cepat, dan melaporkan kinerja mereka dengan lebih akurat.

AI memiliki potensi besar untuk membantu bisnis mempercepat pertumbuhannya. AI dapat memberikan dampak positif karena mampu memprediksi masa depan berdasarkan analisis data yang mendalam, meningkatkan kecepatan dan keyakinan dalam pengambilan keputusan, serta mengotomatisasi proses untuk meningkatkan produktivitas.

Dibandingkan dengan produk sejenis, IBM Planning Analytics menonjol dengan keunggulan skala superior, Build-in data analysis, serta menyediakan berbagai solusi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, IBM juga menawarkan dua produk unggulannya IBM Cognos Analytics dan IBM Planning Analytics as a Service yang dapat dicoba secara gratis selama 30 hari untuk membantu perusahaan merasakan langsung manfaatnya.

Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi AI yang ditawarkan oleh IBM Planning Analytics, perusahaan dapat mempercepat transformasi bisnis mereka dan mengambil keputusan yang lebih cerdas berdasarkan data yang akurat serta menuju era AI-powered yang lebih efisien.


Bagikan artikel ini