Google dan Amar Bank Luncurkan Bank Digital Pertama di Indonesia


Ilustrasi Bank

Ilustrasi Bank

Amar Bank (AMAR) bersama Google Cloud, meluncurkan aplikasi Senyumku. Aplikasi ini memungkinkan semua transaksi perbankan dilakukan secara digital. Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan lewat cloud (online -red) pada hari Rabu, 24 Juni 2020. Peluncuran ini sekaligus sebagai tonggak sejarah digital-only bankpertama di Indonesia.

“Yang membedakan Senyumku dengan bank digital lainnya adalah dukungan dari AI (artificial intellegence), yang menggunakan kecerdasan dalam pengelolaan informasi, sehingga dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan tabungannya,” ujar Vishal Tulsian sebagai Presiden Direktur Amar Bank.

Sebagai informasi, Amar Bank telah menggunakan teknologi Google Cloud untuk berbagai penggunaan bisnis sejak Google luncurkan Cloud Platform Region Jakarta. Kerjasama itu juga didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica dengan memberikan pemanfaatan kecerdasan data analytics dan machine learning sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan untuk para nasabah.

"Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar, yaitu skalabilitas, keamanan, dan kecerdasan artifisial bawaan. Dengan Google Cloud, kami memberikan penawaran unik untuk mengatasi kesenjangan di pasar melalui user experienceyang unggul dan mendukung inklusi keuangan untuk semua,” tambah Vishal.

Menurut Vishal, dengan kredibilitas Google dan standarisasi keamanan yang baik, Senyumku menjadi digital-only bank Indonesia pertama yang diluncurkan di Cloud dengan mengedepankan kecepatan dan keamanan.

Teknologi cloud membuat Senyumku dapat menghadirkan pengalaman menabung yang mudah dan aman serta memberikan fasilitas bagi nasabah dalam mengendalikan dan memantau keuangannya melalui smartphone. Senyumku juga dirancang dengan dukungan dari AI (Artificial Intelligence) untuk memberikan informasi yang dipersonalisasi serta dapat bertindak sebagai pengingat dan penasihat keuangan pribadi bagi setiap nasabahnya.

"Hal ini memungkinkan Senyumku untuk responsif terhadap perilaku dinamis nasabah. Kami berharap, kehadiran Senyumku dapat menjadi solusi masyarakat untuk membantu mereka membangun kebiasaan menabung dan mengelola keuangan dengan bijak", urai Vishal.

Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie mengungkapkan pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan Amar Bank untuk menjadi yang pertama di Indonesia dengan Senyumku, dan membantu mereka untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka.

“Pelanggan ingin mengakses layanan perbankan semudah mungkin, dan layanan Artificial Intelligence lah yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan personal, hal ini tidak dapat dilakukan tanpa Cloud,” ungkap Megawaty.

Saat ini Senyumku hadir dalam versi Lite dengan fitur-fitur yang dapat dinikmati melalui empat langkah mudah, yaitu validasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun. Fitur yang sudah dapat digunakan di antaranya adalah dane-wallet sebagai informasi dalam manajemen keuangan pribadi, investasi dalam bentuk deposito, dan top up yang memudahkan nasabah untuk menambahkan akun bank lain pada aplikasi Senyumku.

Ke depan, versi lengkap Senyumku akan hadir dengan kecanggihan teknologi artificial intelligence (AI) yang lebih mumpuni untuk meningkatkan fitur penasihat keuangan serta memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses seluruh kegiatan transaksi perbankan.


Bagikan artikel ini