Mengenal Layanan Cloud Computing


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

 

Cloud Computing yang dalam bahasa Indonesianya Komputasi Awan adalah layanan yang memungkinkan kita untuk mengakses sumber daya komputasi dari mana saja, kapan saja dan kita bisa mengkonfigurasikan sendiri kebutuhan yang kita mau dengan cepat dan mudah. Sumber daya komputasi tersebut bisa berupa perangkat komputasi (CPU, memory, storage, network, dsb), atau bisa juga berupa perangkat lunak, seperti lingkungan untuk berjalannya aplikasi (platform) ataupun aplikasi itu sendiri. Layanan cloud computing biasanya akan diakses lewat jaringan, baik itu melalui jaringan intranet ataupun jaringan internet. Cloud computing  sendiri sering digambarkan dengan gambar cloud/awan, dimana gambar tersebut biasanya dipakai juga untuk menggambarkan jaringan/internet.

Menurut National Institute of Standards and Technology yang disingkat NIST yang merupakan sebuah badan dari departemen perdagangan Amerika Serikat, ada 5 karakteristik utama dari cloud computing yaitu: 

  1. On-demand Self Service 
    Layanan cloud computing akan menyediakan self service portal, dimana para pelanggan bisa melakukan konfigurasi sendiri dari layanan tersebut, sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 
  2. Broad Network Access 
    Layanan 
    cloud computing harus bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan perangkat yang memungkinkan pelanggan terhubung dengan jaringan / internet. 
  3. Resource Pooling 
    Layanan cloud computing terdiri dari kumpulan sumber daya komputasi yang bisa dipakai bersama oleh para pelanggan. Biasanya layanan ini bersifat multi tenant / banyak pemakai yang memakai sumber daya komputasi secara bersama-sama.
  4. Rapid Elasticity 
    Layanan cloud computing harus scalable dan elastis, dimana layanan tersebut harus mampu memenuhi kebutuhan sumber daya komputasi yang dibutuhkan pelanggannya. Saat dibutuhkan unit komputasi yang lebih, saat itu juga atau dalam waktu singkat bisa didapatkan, dan apabila dibutuhkan untuk menurunkan unit komputasi, saat itu juga atau dalam waktu singkat akan bisa dilakukan. 
  5. Measured Service 
    Layanan cloud computing akan menyediakan informasi mengenai besarnya penggunaan unit komputasi yang dipakai oleh pelanggannya, dan pelanggan hanya membayar berdasarkan besarnya penggunaan. 

Berikut sebuah video yang menjelaskan mengenai layanan cloud computing 


Bagikan artikel ini