Penyedia Layanan 3 Indonesia Hadirkan Solusi Platform IoT


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

3 Indonesia, penyedia layanan telekomunikasi bersama dengan partner pendukung ekosistem Internet of Things (IoT) melaksanakan kolaborasi untuk menghadirkan solusi platform IoT dan layanan turunannya untuk kalangan bisnis dan profesional guna mendukung ekonomi digital di Indonesia.

“Berbagai inovasi dan solusi telah dihadirkan 3 Indonesia untuk mendukung kalangan bisnis dan profesional dalam meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbuhan bisnis di era digital, salah satunya dengan bersinergi bersama berbagai mitra untuk mengembangkan ekosistem digital,” ujar M. Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat (18/12/2020)

Danny melanjutkan, sinergi bersama dengan berbagai mitra untuk menyediakan layanan ekosistem digital dilakukan melalui penyediaan layanan berbasis IoT yang digabungkan dengan paket data terjangkau dari 3 Indonesia.

Melalui adanya solusi platform IoT serta layanan turunannya ini, pelanggan 3 Indonesia dapat melakukan kontrol dan pelacakan terhadap perangkat IoT dan aset mereka dengan layanan manajemen platform yang terintegrasi melalui 3Business. Kontrol perangkat dan paket koneksi pun hadir secara real-time.

3 Indonesia juga telah melakukan proses ULO (Uji Laik Operasi) di beberapa tempat, sehingga secara resmi dapat menyelenggarakan jasa Siskomdat (Sistem Komunikasi Data). Hal ini membuat kalangan bisnis dan profesional dapat memanfaatkan layanan IoT sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

“Kami berharap sinergi dan juga lisensi Siskomdat yang baru kami dapatkan bisa memberi kemajuan yang positif bagi kalangan bisnis dan profesional dalam menghadapi ekonomi digital dan dampak ekonomi di situasi pandemi,” kata Danny.

3 Indonesia pun terus berkomitmen untuk mendukung ekonomi digital dan industri 4.0, salah satunya dengan bersinergi bersama Nokia WING (Worldwide IoT Network Grid) untuk mendukung unit 3Business mereka.

3Business sendiri merupakan unit bisnis dari 3 Indonesia yang memberikan solusi bisnis dan digital untuk korporasi, pemerintah, hingga profesional. Selain itu, 3Business berfokus pada memberikan bantuan pelanggan dalam melakukan transformasi digital dan efisiensi bisnis.

“Sebagai partner 3 Indonesia, Nokia terus mendukung pengembangan layanan IoT di 3Business dengan membangun jaringan WING yang memiliki keunggulan dalam hal kemudahan mengelola koneksi dan perangkat IoT melalui Connectivity Management Platform (CMP),” tutur Ammar Hussain, Head of Service Sales Nokia Indonesia.

Ammar kemudian menambahkan, CMP dapat memberi kemudahan bagi pelanggan 3Business untuk mengetahui secara langsung jaringan IoT yang mereka gunakan sekaligus mengelola pemakaian jaringan tersebut.

3 Indonesia sebelumnya telah meluncurkan berbagai solusi IoT untuk pelanggan bisnis dan profesional dengan bundling layanan paket data dan solusi dari mitra ke berbagai industri vertikal. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi bisnis serta transformasi digital.


Bagikan artikel ini