4 Manfaat Backup untuk Data Center


Data Center

Ilustrasi Data Center

Dalam menjaga data perusahaan atau pelanggan, sebaiknya Anda melakukan backup data untuk data center, karena alasan utama melakukan backup adalah Anda bisa melindungi data dari serangan siber, kerusakan hardware, atau juga virus. 

Data center yang dimiliki oleh perusahaan tentunya memiliki peranan yang sangat penting dan krusial karena bisa berhubungan dengan sistem operasional perusahaan, data center akan menyimpan data yang berharga dan sensitif dengan cermat. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Anda bisa saja kehilangan data dengan cepat, maka dari itu backup data menjadi sangat penting dalam menjaga integritas perusahaan. Dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui beberapa manfaat yang diberikan backup untuk data center perusahaan. 

4 Manfaat Backup untuk Data Center 

1. Disaster Recovery Planning 

Bencana alam ternyata tidak hanya merusak bangunan secara fisik saja, tetapi juga bisa menyebabkan sebuah perusahaan kehilangan data, ketika bencana seperti banjir, longsor, gempa bumi, dan kebakaran melanda dengan besar bisa membuat data center rusak. Untuk menanggulangi situasi tersebut, backup & disaster recovery menjadi penolong utama. 

Ketika Anda memiliki salinan data atau backup data yang tersimpan di lokasi yang aman seperti cloud computing, maka Anda dapat dengan mudah memulihkan data yang hilang atau rusak. Dengan adanya situasi ini juga, perusahaan bisa beroperasi dengan lancar dan cepat kembali. 

 2. Perlindungan terhadap Kehilangan Data 

Beberapa waktu lalu isu serangan malware meningkat, hal ini menjadi sebuah ketakutan yang cukup serius terhadap perusahaan karena data adalah aset berharga bagi perusahaan. Ketika ada serangan malware atau juga kegagalan dalam hardware di data center bisa membuat data terhapus dan hilang dengan cepat. 

Namun, akan berbeda jika Anda sudah memiliki solusi backup untuk data center karena backup data yang dilakukan secara rutin akan membuat data center memulihkan data dengan akurat dan cepat, bahkan backup data juga bisa mengembalikan versi data yang lebih lama, sehingga Anda akan terhindar dari resiko kehilangan data. 

3. Keberlangsungan Bisnis yang Tidak Terputus 

Selain produk yang dimiliki oleh perusahaan, data juga menjadi aset yang sangat penting dan bisa merugikan bisnis jika Anda kehilangan data perusahaan, karena ketika kehilangan data, perusahaan akan kesulitan menjalankan operasi sehari-hari, memenuhi persyaratan kontrak, hingga memberikan layanan kepada pelanggan. 

Backup pada data center akan mengurangi resiko ini dengan cara memastikan ketersediaan data yang dibutuhkan dalam situasi darurat, sehingga bisnis And bisa tetap beroperasi dengan lancar tanpa mengalami penurunan produktivitas. 

4. Perlindungan dari Serangan Ransomware 

Ancaman ransomware memang menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh setiap perusahaan, umumnya pelaku akan menggunakan teknik enkripsi data untuk mengunci data penting korban dan meminta tebusan untuk mengembalikan akses ke data tersebut. 

Satu langkah yang tepat untuk menghindari serangan ransomware adalah dengan melakukan backup data secara teratur nantinya pusat data dapat memulihkan data yang terinfeksi oleh ransomware dan Anda tidak perlu membayar biaya tebusan tersebut, sehingga backup data memiliki peran penting dalam melindungi data sensitif dan penting sebuah perusahaan dari kerugian finansial. 

Backup data yang tepat bisa memastikan data center pulih dari bencana, terlindung dari ransomware dan kehilangan datadan untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Untuk itu, sudah saatnya Anda beralih ke solusi Backup dari Veeam yang  merupakan salah satu layanan terbaik untuk melindungi data perusahaan dari serangan siber. Zettagrid Indonesia akan membantu Anda untuk memberikan solusi backup dan kebutuhan IT lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim kami melalui [email protected] atau dengan mengisi form ini


Bagikan artikel ini