Ketahui Manfaat Public Cloud untuk Bisnis


Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Untuk menyimpan semua data penting perusahaan dan menunjang kelancaran bisnis, penggunaan cloud computing menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa jenis cloud computing yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bisnis Anda, salah satunya adalah public cloud.

Apa itu Public Cloud? Public cloud adalah sebuah layanan server yang dikirimkan melalui jaringan internet dan dapat dibagikan ke seluruh pengguna. Layanan public cloud lebih populer dan banyak digunakan oleh pelaku bisnis, dibandingkan private cloud dan hybrid cloud. Keunggulan dari public cloud terutama terletak di segi biayanya yang lebih murah karena Anda hanya akan menerima pembayaran sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Dalam layanan public cloud, Anda tidak perlu khawatir karena jaringan, sumber daya komputasi seperti server, dan penyimpanan semuanya akan disediakan dan dikelola oleh penyedia cloud dan pelanggan dapat mengaksesnya dengan mudah melalui internet. Ada banyak manfaat atau keuntungan dari public cloud untuk bisnis, berikut 5 lima manfaat public cloud untuk bisnis Anda!

5 Manfaat Public Cloud untuk Bisnis

1. Skalabilitas Tak Terbatas

Manfaat public cloud yang pertama adalah memungkinkan perusahaan Anda untuk dengan cepat menyesuaikannya server yang dibutuhkan dengan kebutuhan bisnis Anda. Apabila bisnis Anda mengalami lonjakan permintaan atau sedang tumbuh dengan cepat, Anda bisa langsung menambahkan atau meng-upgrade, mengkonfigurasi, dan menginstal sumber daya tambahan dengan cepat dan mudah tanpa harus menunggu waktu berbulan-bulan, bahkan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam, hal ini akan membuat bisnis Anda tetap bisa responsif dengan perubahan yang besar.

2. Tingkat Keamanan Tinggi

Penyedia layanan public cloud akan memiliki infrastruktur yang didukung oleh pusat data yang terdistribusi secara geografis, sehingga data dan aplikasi bisnis Anda akan terus berjalan tanpa gangguan pada satu lokasI. Selain itu, penyedia server cloud juga akan menggunakan teknik replikasi data dan redundansi untuk memastikan server lebih kuat, sehingga Anda dapat mengandalkan public cloud agar bisnis terus berjalan tanpa henti.

3. Mobilitas dan Kolaborasi Lebih Mudah

Dengan menggunakan layanan public cloud memungkinkan tim Anda bisa melakukan kolaborasi dengan lebih baik karena dengan public cloud, Anda akan mendapatkan fasilitas akses dan berbagi data secara real time. Hal ini bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Anda juga dapat mengakses data dan aplikasi bisnis dari mana saja dan kapan saja karena public cloud memungkinkan mobilitas dengan mudah, yang hanya membutuhkan perangkat yang terhubung ke jaringan internet.

4. Biaya yang Lebih Hemat

Menggunakan public cloud tentunya akan jauh lebih hemat karena Anda tidak perlu membeli, mengelola, dan memelihara infrastruktur fisik secara mandiri. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar di awal untuk investasi hardware dan software.

Anda hanya akan membayar berdasarkan kebutuhan bisnis saja, dengan ini Anda bisa menghemat biaya operasional karena penyedia cloud akan bertanggung jawab atas pembaruan, pemeliharaan, dan keamanan infrastruktur dengan tepat.

5. Melakukan Inovasi dan Menyediakan Layanan yang Cepat

Jika, Anda sedang memiliki bisnis yang berjalan dengan cepat dan membutuhkan inovasi baru, maka public cloud menjadi jawabannya karena dengan layanan ini Anda bisa dengan mudah mengembangkan, menguji, dan meluncurkan aplikasi baru dengan cepat.

Penyedia cloud akan menyediakan berbagai layanan dan sumber daya yang Anda butuhkan agar Anda bisa membangun, mengelola, dan memelihara aplikasi secara efisien untuk menghasilkan inovasi yang lebih baik dan juga meningkatkan pengalaman pelanggan bisnis Anda.

Maka dari itu, memilih public cloud untuk menunjang bisnis Anda adalah pilihan yang tepat karena jenis server iniu menawarkan berbagai manfaat yang signifikan. Untuk itu, Anda perlu mencari penyedia layanan public cloud yang tepat agar Anda bisa mengoptimalkan operasi bisnis untuk meningkatkan fleksibilitas dan menjaga data tetap aman.

Penyedia layanan public cloud yang dapat Anda pilih adalah Zettagrid Indonesia yang memiliki aturan kepatuhan ISO 270001, ISO 9001, dan PCI DSS yang dapat melindungi data dan informasi bisnis dengan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir ada kebocoran data lagi. Anda bisa menghubungi [email protected] untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi cloud.


Bagikan artikel ini