Acara Seru: Platform SaaS untuk Manajemen Kegiatan Organisasi


Founder AcaraSeru Alex Budiyanto Memaparkan Layanan AcaraSeru

Founder AcaraSeru Alex Budiyanto Memaparkan Layanan AcaraSeru

Perusahaan atau organisasi dalam membagikan ilmu dan informasi tentunya akan mengadakan berbagai acara atau kegiatan untuk dapat diikuti khalayak umum, dan dalam pelaksanaannya, manajemen acara-acara ini pun perlu dilakukan dengan efisien dan mudah agar dapat diakses oleh masyarakat.

Acara Seru adalah portal acara yang akan menghadirkan semua kegiatan yang ada di lingkungan perusahaan ataupun institusi terkait. Hal ini akan mempermudah serta mempercepat masyarakat atau anggota perusahaan dan institusi terkait untuk menemukan dan mengikuti acara yang diadakan. Acara yang terlaksana pun dapat terdokumentasi dengan baik.

“Layanan utama yang ada pada Acara Seru, antara lain adalah informasi terpusat. Melalui adanya pusat informasi kegiatan, harapannya semua orang akan lebih mudah untuk menemukan informasi kegiatan,” jelas Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI)  sekaligus Founder AcaraSeru, Alex Budiyanto dalam paparannya di workshop Cloud Computing Indonesia Conference 2022 bertajuk ‘Membangun Portal Kegiatan Organisasi dengan Cepat dan Mudah’, Jumat (15/4/2022).

Layanan utama lain yang dihadirkan oleh platform Acara Seru adalah broadcast informasi. Alex menjelaskan bahwa Acara Seru dapat mendukung broadcast informasi mengenai sebuah kegiatan baik melalui e-mail ataupun push notification sesuai dengan target audiens dari acara yang diadakan.

Acara Seru juga menghadirkan layanan utama berupa tiket elektronik. Peserta acara yang terdaftar pada platform Acara Seru akan memperoleh tiket elektronik berupa QR Code untuk dibawa ke lokasi acara jika dilaksanakan secara offline. Peserta kemudian tidak perlu repot untuk mencetak undangan acara sebagai bukti peserta.

“Kami juga memiliki sistem yang unik untuk bisa menghitung kira-kira berapa banyak peserta yang akan datang dari history profil yang ada. Hal ini karena kalau kegiatan gratis, sering sekali ada masalah banyak orang yang daftar, tetapi ketika hari pelaksanaan kegiatan hanya sedikit yang datang,” papar Alex.

Profil peserta pada platform Acara Seru yang telah mendaftar acara juga dapat dilihat, berikut pula dengan riwayat kegiatan di Acara Seru yang sudah diikuti oleh peserta. AcaraSeru juga membantu organisasi atau institusi untuk mengelola acara mereka secara mandiri pada setiap unit organisasi seperti departemen, cabang, dan sebagainya.

Informasi acara yang terpusat pada Acara Seru kemudian juga dapat memudahkan institusi untuk memantau dan mengawasi kegiatan yang ada. Misalnya, institusi dapat melihat acara yang dilaksanakan merupakan acara resmi institusi. Sertifikat dari kegiatan yang dilaksanakan sendiri adalah sertifikat elektronik, sehingga lebih hemat biaya dan ramah lingkungan.

“Acara Seru merupakan Software as a Service (SaaS) untuk mengelola kegiatan dari institusi, di mana layanan kami bisa mengelola acara dengan cepat dan mudah, bisa menggunakan domain institusi dan dapat merubah tampilan sesuai branding institusi. Selain itu, institusi juga dapat meminta kami untuk menyediakan mobile app khusus untuk institusi agar dapat mengakses acara dengan cepat dan mudah,” jelas Alex.


Bagikan artikel ini