ACCI: Layanan OTT Bisa Pakai Cloud Computing Provider di Indonesia


Data Center Provider

Ilustrasi Provider Data Center

 

Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia, Alex Budiyanto mengatakan, untuk layanan Over The Top (OTT) tidak perlu membangun data center di Indonesia. Layanan itu dapat menggunakan penyedia data center yang sudah ada di Indonesia.

"OTT sih nggak perlu bangun ya, tinggal pakai atau sewa ke cloud computing provider," ujar Alex, Rabu (8/7/2020).

Di Indonesia, beberapa OTT telah memiliki layanan cloud computing, salah satunya seperti Google yang baru meresmikan layanan komputasi awannya di tanah air. Menurut Alex, layanan OTT yang masih satu payung yakni Youtube dan Google. Keduanya dapat menggunakan Google Cloud.

"Contoh OTT, Youtube, Google, mereka punya Google Cloud, jadi tinggal pakai Google Cloud-nya saja," kata Alex.

Sementara pada bulan lalu Google meresmikan layanan Cloud yang pertama di Indonesia. Kota Jakarta dipilih sebagai region pertama untuk Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia serta kesembilan di Asia Pasifik. Untuk region Jakarta memiliki sejumlah layanan standar Google, diantaranya Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Di sisi lain, Alibaba Cloud juga berencana mengoperasikan data center ketiganya di Indonesia pada awal tahun depan. Sebelumnya Alibaba Cloud telah lebih dulu masuk ke pasar Indonesia dengan membangun data center pertamanya pada 2018, kemudian data center pertamanya pada 2019.