Advantech Dorong Kontribusi IoT Bagi Indonesia Melalui IIW 2021


IOT

Ilustrasi IOT

Pada acara Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2021, berbagai produk teknologi berkualitas tinggi yang telah diseleksi secara ketat oleh pemerintah Taiwan, Taiwan Exellence akan dihadirkan. Melalui acara yang digelar tahunan ini, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) akan menggabungkan delapan perusahaan dari Taiwan yang membagikan produk berkualitas berupa teknologi aplikasi lapangan dan smart city Taiwan.

Salah satu perusahaan yang tergabung tersebut adalah Advantech Co., Ltd yang merupakan pemimpin global dalam IoT smart systems serta embedded platform industries. Pada IIW 2021, Advantech Co., Ltd dalam rangka memenuhi tren internet of things (IoT), big data, dan artificial intelligence (AI), mengusulkan solusi IoT yang berpusat pada platform cloud IoT industri WISE PaaS.

Advantech Co., Ltd mengusulkan solusi IoT ini dengan harapan dapat membantu menghubungkan mitra Advantech dan pelanggan dengan rantai industri. Selain itu, juga untuk mempercepat realisasi tujuan industrial intelligence.

Country Sales Director Advantech Indonesia Ramdhani Gumilar mengungkapkan bahwa produk unggulan yang dimiliki Advantech adalah industrial grade PC, baik yang rackmount maupun yang fanless PC atau mini PC. Produk ini pun hadir guna mendukung implementasi IoT, smart city, industri 4.0, dan masih banyak lagi.

Melalui keunggulan industrial grade, komponen yang ada di dalam PC kemudian dapat bekerja dalam temperatur tinggi sekalipun. Selain itu, dengan desain PCB dan cabling yang sangat compact produk ini kemudian dapat bertahan lama, tahan dengan goncangan dan goyangan, dan didukung dengan harga terjangkau.

"Harapan kami adalah agar Advantech bisa berkontribusi di Indonesia dengan solusi IoT yang kami miliki, baik di sektor pemerintah, swasta, maupun akademik, seperti halnya kami sudah mengadakan kerja sama dengan ITB untuk program AIoT WISE PaaS Education Program dan Inowork Mini Project Program," kata Ramdhani dalam keterangannya, melansir dari Media Indonesia, Rabu (8/12/2021).

Sementara Directur Eksekutif Taiwan External Development Council (TAITRA) menuturkan bahwa pandemi COVID-19 tidak akan menunda reformasi struktural ekonomi Indonesia. Ia mengatakan, bahwa pemerintah indonesia secara aktif mendorong dan memperkuat pengembangan talenta industri dan pembangunan infrastruktur.

"Taiwan juga terus berinvestasi dalam riset dan pengembangan (R&D) dan inovasi solusi smart city. Kerja sama kedua pihak diyakini dapat memberikan manfaat bagi pasar Indonesia yang berkembang pesat," kata Mark Wu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) menyampaikan pula bahwa dalam beberapa tahun terakhir ASIOTI telah menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan Taiwan. Meskipun saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung, pihaknya juga tetap menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) guna membahas kerja sama dengan perusahaan IoT Taiwan.

"Melalui dukungan pemerintah dan perusahaan Indonesia, kami mempromosikan integrasi dengan pemasok teknologi di berbagai bidang industri Taiwan, menjadikan infrastruktur Indonesia dan perkembangan IoT semakin luas," tukas Teguh.


Bagikan artikel ini