Akun Palsu Dihapus, Facebook Hindari Persebaran Berita Hoaks


Facebook Hoax News

Ilustrasi Berita Hoax

Facebook mengumumkan telah menghapus lebih dari 2000 akun palsu, halaman, maupun grup dari berbagai negara di seluruh dunia pada awal pekan ini. Facebook menyebut langkah ini dilakukan untuk mengurangi konten berita palsu atau hoaks pada para pengguna.

Facebook merinci jumlah akun yang dihapus sebanyak 1.957 akun Facebook, 707 akun Instagram, 156 halaman dan 727 grup pada Desember lalu. Jaringan terbesar yang dihapus berasal dari Argentina yakni sebesar 663 akun Facebook dan 388 akun Instagram.

Akun palsu itu menggunakan Artificial Intelligence untuk membuat profil akun palsu dan mempromosikan artikel dan konten dalam Bahasa Spanyol soal Menteri Keamanan Provinsi Buenos Aires, Sergio Berni seperti yang dikutip dari Liputan6.

Selain Argentina, Facebook juga pernah menutup jaringan akun palsu di sejumlah negara seperti  Brasil, Pakistan, Maroko, Iran, Prancis, hingga Indonesia. kebanyakan jaringan akun palsu ini menargetkan penyebaran hoaks terkait pemilu dan juga isu lokal.

“Isu domestik seperti ini merupakan tantangan yang kompleks. Pasalnya ini mengaburkan batas antara debat yang sehat dan manipulasi,” ungkap pernyataan Facebook.


Bagikan artikel ini