Alef Platform, Platform Berbasis AI untuk Siswa Madrasah Belajar Matematika


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Memasuki tahun ajaran baru saat ini, siswa kelas 7 madrasah seluruh Indonesia dapat melakukan pembelajaran matematika dengan Alef Platform, platform dari Alef Education yang berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Pembelajaran melalui platform ini pun dapat dilakukan karena materi yang disediakan telah diselaraskan dengan standar kurikulum Indonesia melalui metode GASING. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung prestasi siswa.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) dan Alef Education telah menjalin kerja sama dengan menandatangani nota kesepakatan pada November lalu guna melakukan transformasi pada sektor pendidikan Indonesia sehingga dapat menggunakan teknologi pendidikan canggih yang dapat disesuaikan bagi kebutuhan siswa.

CEO Alef Education Geoffrey Aphonso mengatakan, bahwa Alef Education berkomitmen untuk merubah industri pendidikan global. Masuknya Alef ke Indonesia sendiri menjadi ekspansi internasional paling besar dan strategis yang dilakukan mereka hingga saat ini.

“Kami sangat senang dapat memperluas layanan kami ke Indonesia melalui kemitraan dengan Kementerian Agama, dan kami harap siswa di Indonesia dapat menikmati pendekatan baru untuk belajar melalui platform kami,” tutur Geoffrey dalam diskusi virtual, melansir dari infokomputer.id, Rabu (21/7/2021).

Geoffrey melanjutkan, Alef Education merupakan mitra pembelajaran digital yang masih belum memiliki tandingan bagi sekolah di seluruh dunia, dimana siswa dapat menyesuaikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Platform ini adalah alat yang sempurna untuk lingkungan belajar jarak jauh, karena memungkinkan jajaran sekolah hingga kementerian untuk meningkatkan hasil belajar sembari menyampaikan pelajaran yang menarik dan menyenangkan,” kata Geoffrey.

Sementara Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa lanskap pendidikan telah mengalami pergeseran paradigma, terutama dikarenakan pandemin COVID-19. Maka dari itu, penting untuk dapat meningkatkan standar pendidikan bagi siswa sekaligus melengkapi gaya belajar tradisional dengan solusi pembelajaran digital seperti Alef Platform.

“Alef Education adalah pemimpin teknologi pendidikan global yang telah merevolusi pendidikan, dan kami senang sekali dapat bekerja sama dengan mereka untuk memodernisasi pengalaman belajar siswa,” ungkap Yaqut.

Yaqut juga menyampaikan bahwa Alef Platform akan mendukung tujuan Kemenag untuk dapat meningkatkan nilai pada Programme for International Student Assessment (PISA) serta literasi numerik bagi siswa madrasah yang berada di bawah Kemenag.

Alef Platform yang merupakan produk unggulan Alef Education ini juga memberikan dukungan bagi pengajar dengan menyampaikan konten menarik yang disesuaikan dengan kurikulum mereka, terutama terkait aspek penilaian dan manajemen siswa.

Platform ini dapat menghasilkan data secara real time untuk menyampaikan feedback yang relevan serta tepat waktu bagi siswa dan guru. Hal inilah yang kemudian membantu untuk memungkinkan terjadinya proses transformasi digital dalam pendidikan serta menjadi poin penting dari keberhasilan Alef Platform.

Alef Platform dengan sistem terpusatnya juga memanfaatkan teknologi machine learning dan big data untuk dapat menyediakan actionable data serta rekomendasi intelijen yang akurat terhadap Kemenag demi meningkatkan prestasi siswa.

Alef Education sendiri sejak pendiriannya telah mengubah kehidupan lebih dari 120 ribu siswa di lebih dari 400 sekolah di Uni Emirat Arab (UEA), Amerika Serikat, dan Kanada. Kini, Alef Education akan menambah 500 ribu siswa dari Indonesia.