Alibaba Cloud Ciptakan Revolusi Hiburan Olahraga Menggunakan Teknologi AI


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Alibaba Cloud Ciptakan Revolusi Hiburan Olahraga Menggunakan Teknologi AI

Inovasi hiburan terbaru siaran olahraga dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang tentunya memberikan pengalaman baru yang belum pernah dirasakan oleh penggemar, penyelenggara, dan penyiar.

Konferensi Apsara 2020 yang digelar oleh Alibaba Cloud ini ditujukan juga untuk memperkenalkan inovasi baru mengenai revolusi dalam menonton siaran olahraga dengan memanfaatkan teknologi AI.  Selama berlangsungnya Konferensi Apsara 2020, Alibaba Cloud sebagai tulang punggung data dan teknologi sengaja merancang inovasi dalam bidang hiburan terutama mendigitalkan penyiaran olahraga dengan mengubah sistem penyiaran dan penyajian olahraga.

President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, Selina Yuan mengungkapkan bahwa kesehatan dan keselamatan harus menjadi prioritas di semua tempat dan acara. Selina juga menilai solusi tersebut membantu penyelenggara acara memnuhi tanggung jawab mereka di pasca-pandemi melalui meminimalisasi keperluan berpergian yang tidak perlu.

“Kami ingin memaksimalkan sensasi pencapaian dalam olahraga, sekaligus memungkinkan penyelenggara acara untuk dapat bekerja lebih aman dan lebih efisien dengan penggemar dan penyiar global,” pungkas Selina.

Solusi terbaru ini juga memanjakan mata penonton untuk medekatkan ke panggung utama acara agar mendapatkan interaksi yang lebih personal dan interaktif, sekaligus membantu penyelenggara dan penyiar beroperasi dengan lebih efisien, efektif, dan aman. Penyelenggara acara pun mendapatkan keuntungan lebih dengan hadirnya Layanan Simulasi Acara (ESS) yang diciptakan juga oleh Alibaba Cloud.

Dengan menggunakan teknologi cloud dan dukungan dari komputasi elastis, ESS dapat membantu penyelenggara merencanakan tata letak ruangan secara virtual, mengoptimalkan posisi peralatan dan fasilitas tanpa harus memindahkan atau menugaskan satu perangkat fisik pun. ESS memungkinkan penyiar untuk menguji posisi kamera dan melakukan simulasi sehingga menawarkan sudut pandang terbaik bagi penontonnya.

Alibaba Cloud juga memiliki solusi lain yaitu dengan mengembangkan Sistem Akses Digital yang menyematkan kontrol akses dan informasi acara penting dengan menggunakan akreditasi digital. Sistem ini memungkinkan akses digital tanpa perlu mencetak kertas dan terhindar dari pemalsuan kartu akses. Dilansir dari Infokomputer.grid.id akses digital memungkinkan penyelenggara acara memiliki opsi untuk menerapkan regulasi kesehatan yang ditetapkan kesehatan yang ditetapkan selama pandemi Covid-19.

Solusi bagi para jurnalis dan penyiar, Alibaba Cloud telah meluncurkan Konferensi Pers di cloud untuk memfasilitasi pengarahan media secara virtual menggunakan teknologi streaming langsung. Keuntungan yang didapatkan wartawan adalah dapat memilih untuk menghadiri lebih dari satu acara yang sedang berlangsung dengan lokasi yang berbeda dan waktu yang bersamaan.

Solusi terakhir adalah Fan Video Hub yang memungkinkan penggemar olahraga dari seluruh dunia untuk mendukung atlet dan tim favorit mereka secara lebih personal walaupun lokasinya berada di dalam dan luar negeri.