Alibaba Cloud Hadirkan Model AI untuk Transformasi Inteligensi


Alibaba Cloud

Alibaba Cloud

Bisnis teknologi cloud milik Alibaba Group yaitu Alibaba Cloud meluncurkan model teknologi AI terbaru yaitu Tongyi Qianwen. Model AI baru ini akan diintegrasikan ke berbagai bisnis Alibaba untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam waktu dekat.
 
Pelanggan dan developer di platform Alibaba Cloud juga akan memiliki akses ke model baru fitur AI yang disesuaikan dengan cara yang lebih hemat biaya. Alibaba Cloud juga mengumumkan opsi dengan biaya lebih terjangkau untuk produk cloud utama, termasuk Elastic Compute Service (ECS) dan Object Storage Service (OSS).
 
Kedua produk didukung oleh ECS terbaru yang terdiri dari OSS Reserved Capacity (OSS-RC) dan OSS Anywhere Reserved Capacity (OSS- BUSUR). Langkah ini akan membuat komputasi lebih mudah diakses dan terjangkau bagi perusahaan yang ingin membuka peluang baru di era AI baru di Tiongkok.

“Kami berada di titik balik teknologi, yang didorong oleh AI generatif dan komputasi awan, di mana bisnis di lintas sektor telah mulai merangkul transformasi inteligensi untuk tetap menjadi yang terdepan,” kata Daniel Zhang, Chairman and CEO of Alibaba Group and CEO of Alibaba Cloud Intelligence dikutip dari Medcom.id, Rabu.
 
“Alibaba Cloud berkomitmen untuk membuat komputasi dan layanan AI lebih mudah diakses dan inklusif untuk perusahaan serta pengembang, memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak wawasan, mengeksplorasi model bisnis baru,” jelasnya.
 
Tongyi Qianwen akan diintegrasikan ke dalam semua aplikasi bisnis di seluruh ekosistem Alibaba dalam waktu dekat untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna. Kemampuan Bahasa Inggris dan Mandarin akan menghadirkan model AI ini untuk pertama kali di aplikasi Ding Talk dan Tmall Genie.
 
Alibaba Cloud akan menawarkan pelanggannya akses ke Tongyi Qianwen di cloud dan membantu mereka membangun model bahasa besar yang dapat disesuaikan. Perusahaan dapat membangun model AI yang disesuaikan kebutuhan khusus pelanggannya.
 
Pihak Alibaba berharap hal ini memicu gelombang baru momentum pertumbuhan bagi pelanggan, menghilangkan kebutuhan untuk proses pra-pelatihan yang intensif terkait sumber daya dan mengeluarkan biaya mahal untuk membangun model dasar.
 
Kemampuan multimodel termasuk pemahaman gambar dan teks-ke-gambar akan segera ditambahkan ke model Tongyi Qianwen untuk menyediakan fitur AI yang lebih menarik bagi pengguna di berbagai sektor.
 
Tahun lalu, Alibaba Cloud meluncurkan ModelScope, platform Model-as-a-Service (MaaS) open-source dengan ratusan model AI, termasuk model text-to-image berbasis Tongyi untuk pengembang dan peneliti global. 
 
Alibaba Cloud mengklaim dengan lebih dari 1 juta pengguna aktif, ModelScope telah menyediakan 800 model dengan lebih dari 16 juta unduhan model hingga saat ini.


Bagikan artikel ini