Alibaba Cloud Indonesia Penuhi Janjinya di Tahun 2021 Mendatang


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Alibaba Cloud, perusahaan layanan cloud computing yang didirikan pada tahun 2009 yang berinovasi di bidang internet dan e-commerce telah membangun layanannya di Indonesia.

Alibaba Coud Indonesia yang sebelunya sudah mempunyai dua data center, kini menargetkan pembangunan pusat data (data center) ke-3 dan data scrubbing center pertama di Indonesia yang akan rampung pada awal tahun 2021. Langkah ini dilakukan untuk menjawab peningkatan permintaan di Indonesia.

Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika menanggapi supaya proses dalam pengelolaan data dilakukan berkesinambungan dengan prinsip-prinsip pengelolaan data yang berjalan di Pemerintahan Indonesia, yaitu meliputi prinsip yang sah secara patut, hukum, dan transparan.

“Dengan dimulainya pembangunan Availibility Zone dan Data Scrubbing Center di Indonesia, kami berharap proses pengelolaan data nantinya dapat dilakukan selaras dengan prinsip-prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia yang transparan,” ucap Johnny. 

Pada beberapa bulan terakhir, prinsip tersebut telah secara konsisten dipaparkan dalam berbagai forum internasional, International Telecommunication Union (ITU), G20 Digital Economy Taskforce di ITF Forum, World Economic Forum, dan Asian China Year on Digital Economy.

"Saya meyakini bahwa kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat sipil dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital, terlebih di masa pandemi COVID-19 yang turut mempercepat proses transformasi digital ini," ujar Johnny pada Kamis, 2 Juli 2020 dalam "Alibaba Cloud Summit 2020".

Penyedia cloud computing Alibaba Group China telah melakukan ekspansi pembangunan pusat data pertama dan kedua pada tahun 2018 dan 2019. Pembangunan ketiga ini dilakukan sebagai ekspansi Alibaba Cloud yang dapat mencakup 64 zona ketersediaan di 21 wilayah di seluruh belahan dunia. Dua pusat data yang telah beroperasi tersebut telah mengantongi sertifikat dan lisensi keamanan, seperti Keamanan Informssi ISO 27001 sesuai dengan Peraturan Meneteri Komunikasi No. 4 Tahun 2016.

Tujuan pembangunan Data Scrubbing Center pertama di Indonesia yaitu memberikan pelayanan pelanggan Indonesia, yang disasarkan terutama untuk memberikan perlindungan dari serangan cyber pada pelanggan di sektor keuangan dan game," ujar Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Dibangunnya Data Center tersebut oleh Alibaba Cloud dengan memberikan penawaran yang tersedia dapat menarik pelanggan local seperti seperti rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif dari keamanan, basis data serta jaringan pembelajaran mesin dan analisis data.

"Dengan keberadaan tiga data center di Indonesia, kami berupaya untuk menyediakan infrastruktur cloud terpercaya, aman, berkinerja tinggi dan tetap mematuhi peraturan lokal, termasuk persyaratan ketat dari sektor keuangan," tutur Leon.

Oleh karena itu, selama tiga tahun kedepan Alibaba Cloud akan menambah investasi sebesar 28 miliar dollar AS atau sekitar Rp 403.6 triliun.

General Manager of Product Solution Alibaba, Lijuan Chen mengatakan bahwa investasi tersebut digunakan untuk mengembangan infrastruktur data center generasi baru di wilayah Asia Pasifik, salah satunya Indonesia.