Alibaba Cloud Umumkan Serangkaian Layanan Inovasi AI Generatif


Alibaba Cloud

Alibaba Cloud

Alibaba Cloud mengumumkan serangkaian produk dan layanan inovasi di bidang AI (Artificial Intelligence) pada Alibaba Cloud Global Summit 2023. Berbagai macam produk baru dirancang untuk memenuhi permintaan dari konsumen di seluruh dunia, dengan jumlah permintaan meningkat dalam khususnya di dalam pengembangan AI Generatif.
 
Solusi AI meliputi platform komputasi, layanan akselerasi, dan aplikasi berfokus pada AI, semuanya dirancang untuk membantu konsumen menciptakan aplikasi AI Generatif yang lebih efisien, aman, dan hemat biaya.
 
Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group, mengatakan, untuk memenuhi permintaan terhadap AI Generatif, mereka terus memperkenalkan produk dan melakukan inovasi terhadap layanan, untuk menjawab berbagai tantangan di dalam pasar global.
 
"Layanan AI yang komprehensif dirancang untuk membantu para konsumen memanfaatkan peluang besar dari tren teknologi yang tidak terbatas ini. Kami telah berkolaborasi dengan beberapa pemain unggul di industri untuk memperluas kemampuan di dalam berbagai skenario," tambah Yuan seperti dilansir medcom.id.
 
Alibaba Cloud memperkenalkan Layanan Komputasi Cerdas PAI-Lingjun, sebuah platform AI untuk melakukan komputasi dengan performa yang sangat tinggi, dapat melakukan pelatihan model dan dan dapat membantu di dalam melakukan pengambilan kesimpulan.
 
Layanan ini menawarkan kemampuan deep learning dan komputasi cerdas berkekuatan besar di Alibaba Cloud. Layanan ini juga menyediakan kemampuan engineering AI untuk melakukan proses secara menyeluruh, termasuk pengembangan AI, pelatihan AI, manajemen peran AI, dan manajemen sumber daya komputasi.

Platform AI sudah digunakan dan di implementasikan di region Cina, dan layanan ini akan tersedia di dalam region Singapura mulai awal 2024, diikuti oleh ketersediaan secara umum yang lebih luas di seluruh Asia sepanjang tahun. 
 
Lalu ada solusi Percepatan AI Alibaba Cloud, yang menggunakan dataset dan akselerator perangkat keras terkemuka untuk mengelola aplikasi yang berfokus pada penggunaan data, mengoptimalkan penggunaan beberapa model  komputasi untuk mempercepat pelatihan model AI dan tugas  pengambilan kesimpulan.
 
Menurut Stanford DAWN Deep Learning Benchmark, solusi ini dapat mempercepat model pelatihan AI hingga 70% dan pengambilan kesimpulan hingga tiga kali lipat.
 
Solusi ini mencakup lapisan untuk paket AI cloud-native, penjadwalan pekerjaan AI, percepatan data AI, mesin percepatan komputasi AI, penjadwalan sumber daya, dan sumber daya komputasi, dengan setiap lapisan menawarkan solusi percepatan khusus untuk berbagai skenario. 
 
Untuk membangun layanan pencarian berbasis AI, Alibaba Cloud memperkenalkan OpenSearch LLM-Based Conversational Search, mesin pencari terdistribusi berkekuatan besar yang memungkinkan layanan pencarian cerdas dalam e-commerce, multimedia, media sosial, dan kueri big data dalam perusahaan.
 
Didukung oleh Large Language Models (LLM), layanan ini memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat membangun sistem pencarian percakapan yang didedikasikan, memastikan keamanan, akurasi, dan keandalan dalam hasil pencarian.
 
Layanan ini juga mendukung hasil pencarian dalam berbagai model  seperti jawaban, URL, dan gambar untuk memenuhi kebutuhan pencarian bisnis tertentu. 
 
Dalam mendorong pengembangan aplikasi yang inovatif bagi perusahaan, Alibaba Cloud berkolaborasi dengan Red Hat untuk membuat Red Hat OpenShift, sebuah platform untuk membangun, menerapkan, dan mengelola aplikasi dalam skala besar, yang dapat diterapkan di Alibaba Cloud.
 
Red Hat OpenShift di Alibaba Cloud menggabungkan platform aplikasi cloud hybrid terkemuka di industri yang didukung oleh Kubernetes dengan infrastruktur hybrid Alibaba Cloud yang kuat.
 
Dioptimalkan dengan operasi full-stack yang otomatis, platform ini menawarkan pengalaman yang lebih konsisten di seluruh lingkungan untuk membantu konsumen meningkatkan produktivitas secara lebih efektif.
 
Alibaba Cloud juga mengumumkan kolaborasi dengan pelanggan dari berbagai perusahaan di pasar seperti Malaysia, Korea Selatan, Inggris, dan Uni Emirat Arab, yang menegaskan komitmennya yang mendalam terhadap lebih dari 4 juta pelanggan globalnya dalam menjajaki peluang-peluang baru yang dihadirkan oleh transformasi digital dan tren-tren AI yang baru.


Bagikan artikel ini