Alibaba Cloud Perluas Sumber Daya Cloud ke Berbagai Daerah


Logo Alibaba Cloud

Logo Alibaba Cloud

Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, mengumumkan penggandaan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia.

Langkah ini diambil guna membantu lebih banyak bisnis lokal untuk bermigrasi ke cloud dan mengeksplorasi kesempatan pertumbuhan di era digital.

Alibaba Cloud akan melakukan peluncuran perdana untuk inisiatif dukungan teranyar milik mereka di Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta.

Program asistensi lokal ini termasuk kolaborasi dengan asosiasi lokal dan komunitas developer dalam mempromosikan cloud computing dan teknologi digital.

Kemudian, program bersama dengan universitas terkait pelatihan talenta digital, dukungan TI untuk migrasi ke cloud, dan konsultasi teknis secara langsung tentang adopsi solusi berbasis cloud di lintas industri.

Inisiatif terbaru ini ditawarkan bersama dengan mitra lokal seperti Blue Power Technology dan Institut Teknologi Bandung.

“Kami berharap dapat membantu mendorong adopsi digital di area tersebut, sehingga lebih banyak bisnis lokal, startup, dan individu dapat mengadopsi manfaat teknologi cloud dan membuka potensi pertumbuhan ekonomi digital,” kata Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Menurutnya, akan diundang lebih banyak pihak termasuk mitra teknologi, lembaga pendidikan, organisasi industri, dan pemerintah daerah untuk bergabung dalam berbagai program dukungan. Mulai dari edukasi konsumen hingga pelatihan talenta muda di berbagai kota lower-tier di seluruh negeri.

Menurut laporan terbaru yang disusun oleh Alpha JWC Ventures dan Kearney, ekonomi digital di kota-kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sekitar 5 kali lipat di tahun 2025.

Namun, lebih dari 80 pesen populasi di kota tier-2 dan 3 masih terbatas dalam keahlian digital dan memerlukan upaya lebih untuk mempercepat tingkat adopsi digital.

Berbagai inisiatif dukungan Alibaba Cloud akan mulai berjalan melalui serangkaian acara yang dimulai di Bandung pada 8 Juni, menampilkan lokakarya teknis tentang cloud computing dan studi kasus dari pelanggan, Bank BJB. Acara lokal lainnya dijadwalkan berlangsung di Bali, Surabaya dan Yogyakarta akhir tahun ini.

Melansir dari Suara.com, Alibaba Cloud telah melayani pasar Indonesia sejak 2016. Dengan tiga data center dan satu scrubbing center lokal yang ada di Indonesia, Alibaba Cloud telah menjadi mitra layanan cloud tepercaya bagi pelanggan di ritel, e-commerce, finansial, game, dan transportasi.

“Di dunia yang semakin kompleks dan terdigitalisasi, bisnis membutuhkan mitra penyedia Layanan TI yang sama ambisiusnya dan memiliki pengetahuan geografis, vertikal, serta teknis untuk mendukung mereka, tidak hanya di Jakarta dan kota-kota tingkat-1, tetapi pada akhirnya di seluruh Indonesia untuk membantu mereka melayani pelanggan dengan lebih baik” kata Erwin Urip, CEO Blue Power Technology.


Bagikan artikel ini