Alibaba Cloud Sediakan Produk-produknya untuk Tingkatkan Keamanan Server


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Berkembangnya transformasi digital yang tidak hanya pada dunia IT melainkan juga pada dunia layanan cloud beserta bentuk produk lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang aware pada produk security itu sendiri.

Pada tahun 2010, Alibaba Cloud memahami bahwa peminat IT semakin hari semakin berkembang dan minat ke arah cloud sendiri pun telah digunakan oleh pihak internal Alibaba sejak lama sehingga Alibaba Group membentuk Alibaba Cloud yang telah berdiri sejak tahun 2009.

Alibaba Cloud menaungi semua usaha yang dimiliki oleh Alibaba Group seperti e-commerce, payment system, marketing, financial, logistic, dan lain-lain. Semua usaha tersebut dapat didukung dengan Alibaba Cloud.

“Alibaba Cloud menjadi nomor satu di Asia Pasifik dalam hal layanan cloud computing dan juga urutan ke tiga di dunia. Selain itu, Alibaba Cloud memiliki tim security compliance yang digunakan untuk membuktikan kepada customer bahwa Alibaba Cloud ini bersertifikasi pada tingkat global, regional, industri, dan proteksi pribadi,” ungkap Head of Solution Architect Alibaba Cloud Intelligence, Max Dasuki pada Workshop CyberHub: Alibaba Cloud Certificate Training, Kamis (28/01).

Max Dasuki menjelaskan bahwa Alibaba Cloud dapat menjaga keamanan platform cloud dan menyediakan product security and features bagi pengguna. Dalam menjaga keamanan platform tersebut dibagi menjadi dua lapisan. Pada lapisan bawah yakni yang ditangani oleh Alibaba Cloud pada platform customer adalah cloud sevice security, physical security, virtualization security, account security, performance security, cloud perform security.

Sementara, untuk lapisan atas yakni lapisan customers dapat disesuaikan dengan responsibilitas dari customer sendiri seperti network security, data security, VM security, business security, application security, and operation security.

Di sisi lain, Alibaba Cloud juga memiliki beberapa produk service security  yang terdiri dari enam level yaitu level account security, operation security, network security, host security, data security, and application security. Dalam level-level tersebut berisikan produk-produk atau tools keamanan yang dimiliki oleh Alibaba Cloud, antara lain; RAM,Action Trail, Cloud Config, Bastion Host, Log Service, Cloud Monitor, VPC, Anti DooS, Cloud Firewall, Security Center, Content moderation, Key Management Service, SSL Certificate, and WAF.

“Pada produk action trail dan digabungkan dengan Cloud config maka pengguna dapat memonitor semua pergerakan yang terjadi di dalam Alibaba Cloud sehingga dapat men-track orang yang mengganti sistem pengguna,” tambah Max.

Produk selanjutnya adalah log service yang merupakan pengirim tunggal untuk log-type data. Hal ini digunakan untuk membantu meningkatkan Q&M dan efisiensi operasional, serta membangun menangani massive log. Log service tidak memerlukan investasi di muka dan menghemat biaya dan men-scale platform pengguna.

Pada level network security, terdapat pula produk VPC/Security group yang digunakan untuk me-manage atau memposisikan apakah pengguna dapat mengakses server tersebut atau tidak. Produk kedua adalah Anti DdoS yaitu seperangkat teknik, alat, dan sistem untuk melawan atau mengurangi dampak DdoS menyerang aplikasi yang dihadapi internet, dengan melindungi pengguna dan server jaringan. Serangan DdoS adalah ancaman konstan bagi bisnis dan organisasi dengan melakukan service performance.

Pada level host security, terdapat produk Alibaba Cloud yang bernama Security Center yang berfungsi sebagai tools yang digunakan seperti anti-virus di dalam server pengguna agar meminimalisir terjadinya virus yang akan masuk ke sistem.

Level selanjutnya adalah data security, level ini terdapat SSL Certificate yaitu sertifikat layanan digital server yang disediakan oleh Alibaba Cloud untuk menyediakan langsung di platformnya bersama dengan daftar otoritas sertifikat yang terkenal di dunia. Selain itu, SSL Protokol adalah kunci teknologi publik untuk menyediakan enkripsi data, server ontentifikasi, integrasi pesan, dan optional client otentikasi untuk koneksi jaringan.

Max menambahkan, produk lainnya dalam level data security adalah content moderation yang memanfaatkan teknologi deep learning  dan analisis Big Data selama bertahun-tahun yang disediakan alibaba untuk memonitor gambar, video, teks, audio dan konten multimedia lainnya.

Produk pada level application security adalah WAF (Web Application Firewall) merupakan produk keamanan yang dikembangkan oleh Alibaba Cloud berdasarkan kemampuan keamanan data besar yang fungsinya juga termasuk data breach protection, accurate access block, anti-bot, human machine identification, big data & threat intelligence. WAF menjadi layer aplikasi yang digunakan bagi website yang kurang baik proteksinya maka WAF dapat mengakses atau menjilid data kalian agar terhindar dari kehilangan data atau eror.


Bagikan artikel ini