Alibaba Cloud Ingin Turut Berkontribusi Membangun Ibu Kota Baru RI


Alibaba Cloud Event

Alibaba Cloud menyambut baik rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Samarinda, Kalimantan Timur. Ibu kota baru tersebut direncanakan akan dikembangkan menjadi smart city (kota pintar). Alibaba Cloud juga ingin turut andil untuk membuat strategi dalam pengembangan tersebut.

“Kami menyambut baik kabar Ibu Kota baru Indonesia pada tahun 2024," kata Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia di Jakarta, Kamis (16/1/2020)

Perusahaan asal China ini ingin berkontribusi lebih dalam pengetahuan dan implementasi teknologi digital. Sebelumnya, Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan institusi pelatihan, inkubator wirausaha pada lingkungan startup dan universitas, serta mendorong perubahan dibidang digital seperti e-commerce, fintech, dan juga e-learning.

"Alibaba Cloud sudah memiliki layanan yang sangat beragam. Memang ada beberapa layanan yang difokuskan seperti e-commerce, retail, media dan fintech. Namun, Alibaba Cloud juga sebenarnya sudah memiliki customer di sektor lainnya. Oleh karena itu Alibaba Cloud selalu bekerja dengan mitra-mitra lokalnya supaya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," jelas Leon.

Alibaba Cloud akan terus melakukan investasi pada pengembangan teknologi digital, memajukan keterampilan sumber daya manusia, mendorong serta mendukung rencana-rencana pemerintah kedepannya. Hal tersebut diwujudkan dengan pelatihan maupun workshop seperti pelatihan tingkat lanjut untuk para developer melalui program "Digital Talent Empowerment Program", serta pelatihan cloud computing untuk mahasiswa dan tenaga pengajar.

Selina Yuan, President of International Business Alibaba Cloud Intelligence mengatakan bahwa Alibaba Cloud berusaha untuk terus mendukung perkembangan UMKM yang dibuktikan dengan lebih dari 40 mitra bekerja sama dengan Alibaba Cloud.

"Kita mendukung lokal bisnis dan UMKM di Indonesia. Dengan menggunakan bagian teknologi, big data, artifical intelligence, akan membuat (sistem bisnis) mereka lebih cerdas dan efisien," ujarnya.