Alibaba Rilis Cloud Computer Mini Berkecepatan Tinggi


Kantor Alibaba Cloud

Ilustrasi Kantor Alibaba Cloud

Alibaba Cloud memperlihatkan dua inovasi terbarunya dalam Apsara Conference, Kamis (17/9/2020). Inovasi tersebut adalah sebuah perangkat komputer berbasis cloud berukuran tipis dan robot kurir yang sangat canggih. Perangkat kecil ini mirip dengan hard disk eksternal yang biasanya kita temukan di komputer tradisional, namun memiliki bentuk yang lebih kecil dan tipis. Perangkat baru ini juga sangat ringan, dengan berat hanya 60 gram. Selain bentuknya yang kecil, perangkat tersebut juga memiliki kecepatan yang tak kalah dengan komputer canggih terkini.

Jeff Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence mengklaim bahwa perangkat tersebut dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk merender satu frame animasi resolusi tinggi menggunakan PC tradisional, dari 90 menit menjadi hanya 10 menit.

"Kami harap Cloud Komputer ini bisa membantu mereka yang mengakses daya komputasi kapanpun dibutuhkan. Apalagi saat ini bekerja dari rumah menjadi normal baru di seluruh dunia selama dan pasca-pandemi. Kami yakin inovasi yang kami hadirkan dapat membantu pengguna lebih mudah menikmati manfaat cloud computing kapanpun, dimanapun, dan dengan cara yang hemat biaya namun tetap aman," ujar Zhang, dalam presentasinya saat memamerkan Cloud Komputer tersebut.

Zhang juga mengatakan bahwa komputer mini ini dapat melakukan tugas-tugas kompleks yang biasanya dijalankan PC berspesifikasi tinggi, seperti untuk pengeditan video, rendering animasi, pengembangan perangkat lunak, serta layanan online bagi pelanggan. Keberadaan inovasi baru ini bisa membuat tugas-tugas tersebut dapat dilakukan hanya dengan PC berukuran kecil. 

Pembaruan komputer pun dapat dilakukan secara online, sehingga menghemat sebagian besar biaya pembaruan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional. Pembaruan dapat dilakukan melalui sistem protokol aplikasi streaming yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, dirancang untuk mensinergikan cloud dan perangkatnya. Pengguna juga dapat membeli dan mengakses aplikasi dan program berlisensi seperti Linux dan Windows serta berbagai aplikasi kantor.

Komputer ini menjaga keamanan data dengan menyimpan data pengguna di cloud yang memiliki pengamanan sekelas data center. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga data pengguna dari orang-orang tidak bertanggung jawab karena menggunakan penyimpanan cloud.

Sayangnya untuk tahap awal produksi, masyarakat umum belum dapat menggunakan komputer cloud besutan Alibaba ini. Hal tersebut dikarenakan komputer cloud ini hanya disediakan untuk pelanggan Alibaba Cloud, namun kabarnya komputer ini juga akan tersedia untuk konsumen individu.