Alpha IVF Malaysia Manfaatkan Teknologi AI untuk Dukung Keberhasilan Program Bayi Tabung


Layanan Kesehatan Digital

Layanan Kesehatan Digital

Program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) sudah sejak lama menjadi solusi alternatif bagi pasangan yang menginginkan keturunan. Teknologi yang dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan program ini pun semakin berkembang.

Salah satunya adalah rumah sakit Alpha IVF Malaysia, yang disebut sudah menjadi pelopor untuk teknologi canggih yang mendukung penanganan permasalahan kesuburan. Alpha IVF pun banyak memperkenalkan teknologi canggih seperti penggunaan Pre Implantation Genetic Testing (PGT) hingga artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dokter Spesialis dari Alpha IVF, dr. Lam Wei Kian menjelaskan, Alpha IVF memanfaatkan AI untuk mendukung siklus IVF, di mana AI akan membantu ahli embriologi untuk menilai dan memilih embrio dengan bentuk terbaik dan paling layak dengan kemungkinan besar dapat berkembang menjadi kehamilan untuk dapat ditransfer.

Teknologi revolusioner memanfaatkan AI untuk kemudian bisa melakukan identifikasi embrio terbaik untuk ditransfer secara lebih cepat dan tidak bias, dibandingkan secara manual. AI akan mempelajari secara mendalam setiap gambar embrio untuk dapat menghasilkan skor AI.

“Kemudian secara otomatis akan membuang embrio lain yang tidak memiliki peluang transfer yang baik. Hal ini dilakukan dengan penilaian manual yang dipandu dengan standar penilaian internasional atau dengan bantuan standar penilaian embrioskop,” kata dr. Lam dalam paparannya di webinar Malaysia Healthcare ‘Mengenal Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Keberhasilan Bayi Tabung’, Jumat (9/9/2022).

Dukungan AI yang membuat keberhasilan program IVF tinggi kemudian juga memberikan harapan tinggi bagi para pejuang IVF. Program intensif dari Alpha IVF kemudian juga mendukung keberhasilan pejuang IVF untuk dapat memperoleh keturunan.

“Melalui teknologi canggih serta layanan yang lengkap dan komprehensif di Alpha IVF, semua fasilitas ini menjadikan para pasien lebih tenang, nyaman, dan aman, apalagi dengan tenaga profesional dan juga dokter yang berpengalaman,” pungkas dr. Lam.


Bagikan artikel ini