Amerika Serikat Incar Bisnis Cloud Eropa untuk Menambah Tekanan Huawei


Huawei

Huawei

Amerika Serikat  Sarankan Industri Eropa Untuk Hindari Membangun Pusat Data dari Huawei

Amerika Serikat kini menekan lini bisnis komputasi awan milik Huawei, setelah Huawei meluncurkan bisnis chip dan smartphone. Dilansir dari Straits Times, pada Jumat (16/10), pejabat Amerika Serikat melobi para anggota parlemen serta pemimpin industri Eropa untuk lebih memilih menggunakan teknologi perusahaan barat, sekaligus menghindari perusahaan Huawei dalam membangun pusat data dan infrastruktur komputasi awan.

Dalam kunjungannya ke Eropa pekan lalu, Wakil Menteri luar Negeri Amerika Serikat untuk Pertumbuhan Ekonomi Energi dan Lingkungan, Keith Krach mendesak Eropa meninggalkan peralatan Huawei. Keith Krach mengatakan, “Komputasi awan sangat penting, baik dilayanan cloud atau pusat data itu sendiri. Ini masalah besar.”

Amerika Serikat sebelumnya telah melobi para sekutu untuk mengecualikan Huawei dari pengembangan jaringan 5G. Hasilnya, bisnis telekomunikasi Huawei terkena dampak. Huawei sendiri lebih rentan terkena boikot daripada Alibaba Group Holding dan WeChat Tencent Holding yang turut bergerak disektor komputasi awan. Hal itu disebabkan pemerintah Trump telah berhasil meyakinkan sejumlah negara sekutu di Eropa untuk memboikot Huawei dari Infrastruktur jaringn 5G-nya.

Kezia Krach dalam hal ini juga bertemu dengan sejumlah eksekutif operator tekomunikasi Eropa, seperti Deutsche Telekom dan MasMovil dari Spanyol. Kezia memberikan saran kepada industri Eropa untuk mempertimbangkan larangan menggunakan Huawei sebagai perpanjangan larangan 5G Huawei sebelumnya dengan Amerika Serikat.

Menurut Peneliti IDC, Carla Arend menjelaskan nilai bisnis sektor infrastruktur cloud di Eropa mencapai 12,4 miliar dolar AS (sekitar Rp183 triliun), tumbuh 33% tahun ini daripada tahun lalu. Pemain Amerika Serikat mendominasi pasar cloud Eropa, dari AWS milik Amazon, Microsoft, IBM, Google, serta Oracle. Sementara, pemain China seperti Tencet dan Alibaba tidak membuat terobosan besar di Eropa.