APJII Gandeng Binokular Media Utama, Perkuat Industri Big Data


Big Data New

Big Data

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) jalin kerja sama dengan Binokular Media Utama, yang ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman. Kerja sama ini pun dilakukan dalam rangka memperkuat industri big data di Indonesia.

Ketua APJII Muhammad Arif pun menyampaikan, nota kesepahaman ini merupakan langkah awal kerja sama yang efektif, efisien, serta berkesinambungan agar masyarakat dapat lebih dekat dengan big data. Selain itu, Arif sendiri menyampaikan bahwa internet kini menyediakan data yang luar biasa besar, sehingga perlu dikelola agar dapat bermanfaat.

Big data sendiri merupakan sekumpulan data yang memiliki volume sangat besar, dan terdiri atas data terstruktur dan semi terstruktur yang volumenya terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Big data juga merupakan pengembangan dari database pada umumnya, namun dengan volume yang jauh lebih besar dan data yang lebih variatif.

Big data bisa memprediksi kecenderungan masyarakat, dan dengan big data misalnya kita bisa tahu masyarakat Jakarta sedang terkena flu. Oleh karena itu, bisa kita manfaatkan untuk kesehatan, bisa juga kita maksimalkan untuk pendidikan, serta penting untuk penguatan ekonomi digital dan pemberdayaan UMKM,” papar Arif dalam keterangannya, melansir dari Liputan6.com, Selasa (1/3/2022).

Sementara CEO Binokular Media Utama Sapto Anggoro menyampaikan bahwa pihaknya sendiri telah memanfaatkan big data untuk kebutuhan riset, monitoring, pemberitaan, hingga konsultasi media. Kerja sama ini pun kemudian membuka jalan untuk kepentingan yang lebih luas terkait big data itu sendiri.


Bagikan artikel ini