Apple Siap Luncurkan Kacamata Pintar Vision Pro


Ilustrasi Kacamata Pintar

Ilustrasi Kacamata Pintar

Apple akan merilis produk terbaru mereka yang dinamakan sebagai "iPhone masa depan" dengan kehadiran kacamata pintar bernama Apple Vision Pro, yang akan diluncurkan pada tanggal 2 Februari 2024. Peminat yang antusias dapat memulai pra-pemesanan pada 19 Januari 2024, dan proses ini akan dimulai pukul 17.00 waktu Amerika Serikat.

Dengan banderol harga sebesar US$ 3.500 (sekitar Rp 54 juta) per unit, Vision Pro akan menjadi perangkat premium dengan kapasitas penyimpanan awal sebesar 256 GB. Apple juga menawarkan opsi untuk lensa khusus dengan tambahan biaya US$ 149 (sekitar Rp 2,3 juta), mirip dengan kacamata resep konvensional.

Pertama kali diperkenalkan pada awal 2023 dalam sebuah acara pengembang software, Vision Pro dianggap sebagai langkah Apple untuk bersaing dengan produk serupa, khususnya Meta Quest. CEO Apple, Tim Cook, mengatakan "Era spatial computing telah tiba." Hal tersebut menandakan transformasi besar dalam teknologi pengalaman pengguna.

Vision Pro menggunakan chip Apple M2 yang sama dengan komputer Apple, mengukuhkan posisinya sebagai kategori produk baru pertama sejak Apple Watch dirilis pada tahun 2015. Namun, analis memperkirakan bahwa dampak Vision Pro terhadap pendapatan Apple mungkin tidak signifikan, dengan perkiraan tambahan pendapatan sekitar US$ 1,4 miliar (sekitar Rp 21,71 triliun) dikutip dari UBS

Perangkat ini dilengkapi dengan sistem operasi khusus bernama VisionOS, yang memungkinkan pengguna mengendalikan Vision Pro melalui mata, gerakan tangan, dan suara. Apple menyatakan bahwa Vision Pro dapat berintegrasi dengan berbagai software dan aplikasi populer, termasuk Microsoft Office dan Slack.

Selain itu, Vision Pro menawarkan pengalaman baru dalam menikmati konten video dan bermain video game. Layar virtualnya dapat membuat konten Apple TV terasa selebar 100 kaki (sekitar 30,4 meter), menciptakan pengalaman visual yang mendalam bagi penggunanya.

Dengan peluncuran Vision Pro, Apple terus mengukuhkan posisinya dalam menghadirkan inovasi teknologi yang menciptakan perangkat dan menentukan tren di industri teknologi global.


Bagikan artikel ini