ASIOTI Sebut IoT Creation Sebagai Sarana untuk Tawarkan Solusi Bagi Permasalahan Masyarakat


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Program IoT Creation diklaim memiliki potensi untuk menawarkan solusi bagi permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Hal ini seiring dengan meningkatkan minat terhadap solusi berbasis teknologi internet of things (IoT).

Ketua Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya menyampaikan, bahwa sejak digelar mulai lima bulan lalu baik secara daring maupun luring, IoT Creation terus menarik peminat untuk ikut serta dalam acara.

“Kegiatan ini hadir untuk menggali potensi dari anak bangsa agar terus berinovasi dan mengedepankan solusi yang bisa memecahkan masalah yang ada di sekeliling kita,” kata Teguh dalam siaran pers, Kamis (3/11/2022).

Teguh berharap, IoT Creation dapat meningkatkan daya saing industri IoT di Indonesia, termasuk pula lahirnya berbagai solusi baik dari komunitas, pegiat, sekolah, hingga berbagai perusahaan yang ada di Indonesia.

Upaya kontribusi ini juga diharapkan dapat menjadi dukungan untuk transformasi digital di Tanah Air, yang pada ujungnya juga dapat mendukung pemulihan ekonomi ke depan. Hal ini terutama dengan transformasi digital yang perkembangannya semakin pesat.

Sementara Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail menuturkan, bahwa tren percepatan digitalisasi ini membuka peluang untuk adanya reorientasi pertumbuhan sektor-sektor tersebut menjadi lebih efisien, serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Peran konektivitas data berbasis internet berkecepatan tinggi telah banyak mengubah cara berbisnis para pelaku usaha dewasa ini, termasuk di sektor perindustrian,” tutur Ismail.

Menurut Ismail, pemanfaatan IoT yang dilakukan secara masif ini akan membuka peluang untuk karya anak bangsa menjadi tuan rumah di negara sendiri. Solusi IoT dari anak bangsa juga diharapkan terus mendominasi sehingga mampu bersaing dengan aplikasi dari luar Indonesia.

Gelaran IoT Creation sendiri kini telah memasuki tahun keempat, dan kini telah memasuki tahap akhir. Platform IoT di bidang pertanian, Agritronz menjadi pemenang di kategori Smart SOlution Hunts, dan E-Kamling dari NSC Tech memenangkan kategori Hands on Workshop.


Bagikan artikel ini