Astra Financial Jalin Kerja Sama dengan Alibaba Cloud untuk Dukung Aplikasi MOXA


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Astra Financial (PT Sedaya Multi Investama) yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk di bidang keuangan jalin kolaborasi dengan Alibaba Cloud guna menjalankan aplikasi MOXA yang baru diluncurkan akhir Maret lalu.

MOXA sendiri merupakan aplikasi yang berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub dengan fitur finansial yang lengkap untuk dapat membantu pengguna mencari berbagai layanan keuangan, mulai dari pembiayaan untuk membeli kendaraan, umroh, haji, gadget, dana tunai, hingga asuransi jiwa maupun mobil.

Kolaborasi antara Astra Financial dan Alibaba Cloud bertujuan untuk memanfaatkan teknologi mutakhir, berupa infrastruktur komputasi awan atau cloud computing yang terpercaya dan memiliki kinerja tinggi.

Melalui kerja sama strategis ini, Astra Financial siap menjadi pelopor di sektor keuangan yang secara proaktif merangkul kecerdasan sistem cloud dan teknologi digital guna mendukung pertumbuhan serta menawarkan layanan yang ditingkatkan bagi pelanggannya di Indonesia.

“Astra Financial menyambut baik kolaborasi ini. Kami sangat yakin dan percaya untuk bermitra dengan Alibaba Cloud, perusahaan penyedia layanan cloud terpercaya di Indonesia di mana pengelolaan data nantinya harus dilakukan selaras dengan prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia, yakni prinsip yang sah secara hukum, patut, dan transparan,” ungkap Direktur Astra dan Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin dalam keterangan resmi, Selasa (27/4/2021).

Sementara itu, General Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen menuturkan pihaknya sangatv senang bisa mendukung Astra Financial untuk mempercepat perjalanan transformasi digitalnya dengan memanfaatkan infrastruktur cloud tangguh serta canggih dari Alibaba Cloud seperti container, keamanan, dan database.

“Industri keuangan membutuhkan solusi cloud yang aman dan Alibaba Cloud memiliki kapabilitas yang komprehensif untuk mewujudkan hal tersebut, dengan memiliki pusat data lokal dan scrubbing center di Indonesia, kami yakin dapat menjadi mitra terpercaya bagi instansi-instansi keuangan di Indonesia,” tutur  Leon Chen.

Handoko Liem, Direktur Astra sekaligus Project Leader MOXA menambahkan bahwa kemitraan strategis ini juga memungkinkan Astra Financial untuk menyediakan layanan jasa keuangan yang lebih fleksibel dan stabil bagi pelanggan.

“Aplikasi MOXA pun dilengkapi dengan keamanan yang ketat dan sistem pemulihan yang terpercaya, jadi pengguna tidak perlu khawatir karena kami telah bekerja sama dengan perusahaan yang telah dikenal dan sangat andal di bidangnya,” kata Handoko.

Astra Financial sendiri memanfaatkan layanan Alibaba Cloud seperti Alibaba Cloud Container for Kubernetes, Content Delivery Network (CDN), Object Storage Service (OSS), dan RDS PostgreSQL untuk dapat meningkatkan kelincahan serta stabilitas dari kinerja aplikasi MOXA secara optimal.

Selain itu, Astra Financial juga memanfaatkan kemampuan keamanan Alibaba Cloud melalui data center lokal seperti Web Application Firewall (WAF), Cloud Monitor, dan Log Service untuk dapat memastikan aplikasi dilengkapi dengan tingkat keamanan tertinggi yang memenuhi kepatuhan dan peraturan lokal.

Astra Financial ke depannya berharap dapat terus meningkatkan pelayanan dan memperluas tawaran produknya melalui teknologi guna mendampingi pengguna dalam meraih kebebasan finansial dan berorientasi pada nilai kepuasan.


Bagikan artikel ini