Astra Gandeng Google Cloud dan AWS, Perkuat Ekosistem Digital


Digitalisasi

Ilustrasi Digitalisasi

Astra Group, salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, telah mengambil langkah berani untuk memperkuat ekosistem digitalnya dengan menandatangani dua perjanjian kolaborasi penting dengan Google Cloud Platform melalui Datalabs dan Amazon Web Services pada Selasa, 7 November 2023.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menjelajahi perkembangan teknologi terbaru dalam rangka memperkuat ekosistem digital Astra melalui berbagai inisiatif digital yang akan diterapkan di seluruh Grup Astra. Sebelumnya, Astra telah menjalin kerja sama serupa dengan Microsoft Azure.

Paul Soegianto, Chief of Group Digital Strategy Astra, mengatakan "Dengan kolaborasi terbaru ini, Grup Astra akan mendapatkan akses terhadap teknologi terbaik yang ada di pasar, serta akses terhadap servis yang ada di Google Cloud Platform dan Amazon Web Services”

Salah satu hasil yang diharapkan dari kolaborasi ini adalah peningkatan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan Astra. Anang Efendy, Country Manager, Enterprise and Public Sector Google Cloud Indonesia, berharap kerja sama ini juga akan memperkuat hubungan antara Google Cloud dan Astra. Anang Efendy mengatakan, "Dengan menghadirkan solusi Generative AI terkini, demokratisasi data dan analisa data yang didukung dengan sistem keamanan terpercaya dari Google Cloud, untuk memperkuat transformasi digital dan menciptakan nilai tambah baru bagi pelanggan Astra". 

Conor McNamara, Vice President & Managing Director, ASEAN di Amazon Web Services, menyatakan antusiasmenya atas mitra kolaborasi dengan Astra, yang dianggapnya sebagai perusahaan yang inovatif. Dia berharap kolaborasi ini akan membantu memperkuat transformasi digital Grup Astra, menciptakan masa depan yang lebih baik.

"Semoga kolaborasi ini dapat memperkuat transformasi digital di seluruh lini bisnis Grup Astra dalam membangun masa depan yang lebih baik," ujar Conor McNamara. 

Kolaborasi dengan Google Cloud Platform dan Amazon Web Services mencakup berbagai aspek, seperti penyediaan multi-cloud, eksplorasi artificial intelligence dan machine learning, demokratisasi data, optimisasi penggunaan daya dan komputasi yang ramah lingkungan untuk inovasi keberlanjutan, serta pengembangan karyawan Astra melalui pelatihan teknologi Google Cloud Platform dan Amazon Web Services.

Melalui kerja sama dengan Google Cloud Platform, Astra akan mendapatkan akses ke teknologi terbaru dari Google dan memanfaatkan ekosistem Google lainnya, seperti Google Ads, YouTube, Google Search, dan Maps, untuk mendapatkan wawasan yang sesuai dengan kebutuhan Grup Astra.

Komitmen Astra dalam memperkuat ekosistem digital ini sejalan dengan tujuan perusahaan untuk mencapai kesejahteraan bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. Dengan kolaborasi ini, Astra Group semakin siap menghadapi tantangan di era digital yang terus berubah dan berinovasi.

Astra telah membuktikan diri sebagai pemimpin dalam industri otomotif dan ekosistem digital, dan kolaborasi ini akan memperkuat posisinya dalam menghadapi masa depan yang semakin berpusat pada teknologi dan inovasi digital.


Bagikan artikel ini