Dukung Pengembangan Talenta Digital, AWS Hadirkan Program AWSome


Amazon Web Services

Amazon Web Services

Teknologi digital telah menjadi peluang bagi Indonesia untuk melakukan berbagai lompatan besar, sehingga sangat penting untuk dapat memastikan generasi muda memiliki literasi terhadap teknologi digital. Hal ini agar generasi mudah tidak hanya menjadi pengguna, tetapi juga menjadi bagian dari kreator.

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui acara virtual yang digelar oleh Amazon Web Services (AWS) pada awal November 2022.

Nizam menyampaikan bahwa transformasi digital yang berlangsung di Indonesia merupakan salah satu yang tercepat di dunia. Pengguna internet di Indonesia pun saat ini telah mencapai lebih dari 200 juta pengguna, dengan rata-rata akses internet yang mencapai 8 jam dalam sehari.

Kreativitas generasi muda pun dinilai luar biasa, sehingga peluang ini harus dimanfaatkan dengan adanya program untuk mendukung mereka menjadi kreator, memberikan manfaat solusi dari teknologi yang ada.

“Maka dari itu, kami bergandengan tangan dengan seluruh mitra pemain teknologi global seperti AWS agar mereka berada di garis depan dalam perkembangan teknologi yang mencakup AI, IoT, big data analytics, cloud computing, dan sebagainya,” tutur Nizam, melansir dari InfoKomputer.id, Rabu (30/11/2022).

Country Manager Worldwide Public Sector AWS Indonesia, Mohammad Ghozie Indra Dalel menyebutkan bahwa AWS telah menjalin kerja sama yang erat dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung perkembangan sektor publik, yang mencakup Kampus Merdeka, program magang, studi independen bersertifikat, serta program Kedaireka.

AWS kemudian menjalin mitra dengan Social Economic Accelerator Lab (SEAL) untuk mempercepat digitalisasi di berbagai sektor dengan menghadirkan program Indonesiaku AWSome! yang merupakan inisiatif untuk pengembangan bisnis strategis, dengan dukungan pemerintah Indonesia untuk membangun jaringan lulusan baru yang cakap digital.

“Program Indonesiaku AWSome! akan terus naik pada momentum skala ini, dengan rencana untuk meningkatkan penerimaan siswa untuk angakatan berikutnya pada semester kedua tahun 2022, dan meningkatkan program dengan posisi magang di lembaga pemerintah,” ungkap Ghozie.

Ghozie pun berharap program ini bisa memberikan dampak nyata bagi mahasiswa, dosen, hingga masyarakat luas. AWSome hadir untuk mendukung pembangunan ekosistem yang menjadikan talenta digital bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan bangsa.  


Bagikan artikel ini