AWS Meluncurkan AWS European Sovereign Cloud Khusus Eropa


Amazon Web Services

Amazon Web Services

Amazon Web Services (AWS) telah mengumumkan peluncuran "AWS European Sovereign Cloud," yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Eropa. Platform Sovereign Cloud ini menawarkan solusi bagi pelanggan yang beroperasi dalam sektor publik dan industri dengan regulasi yang ketat.

Amazon mengungkapkan bahwa server untuk Sovereign Cloud berlokasi di wilayah Uni Eropa, namun akan memberikan tingkat keamanan, ketersediaan, dan kinerja yang setara dengan wilayah AWS yang lainnya. Meskipun AWS European Sovereign Cloud pertama kali diluncurkan di Jerman, nantinya akan tersedia untuk seluruh pelanggan di Eropa.

Amazon menekankan bahwa data pelanggan akan aman, dengan pernyataan tegas bahwa AWS tidak akan mengakses atau menggunakan data pelanggan untuk tujuan apa pun. Hanya karyawan di wilayah Uni Eropa yang akan diizinkan untuk mengakses data dalam keadaan tertentu.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh AWS European Sovereign Cloud adalah akses pelanggan untuk menyimpan seluruh metadata, seperti izin label sumber daya dan konfigurasi yang digunakan dalam menjalankan AWS. Ini memberikan tingkat transparansi yang lebih tinggi dan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan layanan.

Max Peterson, Wakil Presiden Sovereign Cloud AWS, menjelaskan, "Pelanggan di seluruh Eropa akan memiliki lebih banyak pilihan untuk mencapai kemandirian operasional yang mereka perlukan tanpa mengorbankan layanan cloud terluas dan terdalam."

Pelanggan yang membutuhkan isolasi data yang ketat dan regulasi ketat sekarang dapat memanfaatkan penawaran yang telah ada, seperti AWS Outposts dan AWS Dedicated Local Zones. AWS Outposts  merupakan layanan yang menghadirkan infrastruktur serta layanan AWS on-premise. Layanan ini akan memperluas dan menjalankan AWS native dan on-premise.

Sementara itu, AWS Dedicated Local Zones menyediakan infrastruktur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, termasuk komputasi, penyimpanan, basis data, dan layanan AWS lainnya, di lokasi yang mereka pilih.

Dengan peluncuran AWS European Sovereign Cloud, AWS semakin mempertegas komitmen mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Eropa yang beroperasi dalam lingkup yang diatur ketat dan yang memerlukan tingkat keamanan dan kepatuhan yang tinggi dalam pengelolaan data dan layanan cloud computing mereka.


Bagikan artikel ini