AWS Dukung Optimalisasi Pemanfaatan Cloud Computing di Indonesia


Amazon Web Services Logo

Ilustrasi Logo Amazon Web Services

Amazon Web Services (AWS) sebagai salah satu penyedia layanan cloud computing terbesar di Indonesia kembali menekankan komitmen mereka untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan cloud di Indonesia melalui acara AWS Cloud Day Indonesia 2022.

AWS melalui acara ini menggelar sesi workshop bersertifikasi serta pameran dari sejumlah klien yang memanfaatkan solusi ekosistem cloud dari AWS, dengan peserta dari kalangan developer hingga mitra konsultan dan perusahaan.

AWS dalam komitmennya mendukung implementasi cloud di Indonesia juga telah membuka layanan AWS Asia Pacific Region yang berbasis di Jakarta. Hal ini sebagai bagian dari investasi perusahaan sekaligus melihat potensi besar dari kebutuhan cloud di Indonesia.

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto mengungkapkan, bahwa investasi senilai Rp71 triliun ini diprediksi akan menambah sebanyak Rp155 triliun ke PDB nasional, serta menciptakan 24.700 lapangan kerja untuk 15 tahun ke depan.

“Keberadaan kami di Indonesia yang semakin ditingkatkan ini akan mendorong semakin banyak organisasi dari beragam sektor untuk mengadopsi secara luas dan komprehensif, baik untuk mempercepat laju inovasi, menurunkan biaya, meningkatkan skala bisnis secara cepat, maupun membangun ketahanan data terhadap berbagai ancaman,” kata Gunawan dalam keterangannya, melansir dari Medcom.id, Jumat (2/9/2022).

Tidak hanya itu, AWS juga telah menggelar program kolaborasi bernama AWS Partner Network, yang akan membantu perusahaan di Indonesia terkait implementasi cloud dengan konsultan IT serta cloud lokal. Hal ini untuk menawarkan solusi cloud computing yang terpersonalisasi sesuai kebutuhan.

Gunawan yakin bahwa teknologi cloud dapat digunakan oleh siapa pun, termasuk dengan aksesnya yang mudah sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk mendukung adanya inovasi baru.

“Menekankan komitmen kami, AWS siap untuk bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi untuk menyiapkan angkatan kerja masa depan yang fasih menggunakan cloud melalui program-program seperti Laptops for Builders, Backend Developer Program yang digelar bersama Dicoding, serta AWS re/Start,” tutur Gunawan.

Gunawan juga menuturkan bahwa AWS sudah memberikan dukungan untuk arah operasional yang berkelanjutan, dengan mendorong infrastruktur termasuk operasional AWS di Indonesia untuk sesuai dengan prinsip ramah lingkungan.

Sementara Managing Director AWS ASEAN Conor McNamara sendiri menilai, bahwa Indonesia merupakan pendorong ekonomi digital di ASEAN yang bertumbuh cepat sekaligus dinamis. Conor memastikan bahwa solusi AWS tidak hanya mendorong transformasi digital, tetapi juga tetap mematuhi persyaratan residensi data.

“Kolaborasi kami dengan bisnis dari berbagai ukuran, dari skala UMKM di pinggir jalan, perusahaan startup yang baru dirintis, hingga korporasi-korporasi terbesar akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional dan mendukung Indonesia untuk menjadi salah satu ekonomi digital yang terkemuka di kawasan ASEAN maupun dunia,” tutur Conor.


Bagikan artikel ini