Kembangkan AI dan Data Analytics, BNI Life Gandeng Google Cloud


Google Cloud

Google Cloud

Sejalan dengan rencana pengembangan digitalisasi perusahaan, PT BNI Life Insurance (BNI Life) membangun infrastruktur pengembangan artificial intelligence (AI) dan data analytics.

Dalam menyiapkan infrastruktur ini, BNI Life menggandengan Google Cloud melalui mitranya, yaitu PT Multipolar Technology Tbk, dan juga salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Direktur Utama BNI Life, Shadiq Akasya, mengatakan bahwa penerapan teknologi AI dan data analytics ini dimaksudkan untuk meningkatkan proses bisnis di area operasional, terutama di bagian Underwriting, Claims, dan Sales. Selain itu, inisiatif ini juga dalam rangka membangun kapabilitas dan pengetahuan pegawai di bidang AI dan machine learning.

Ia memaparkan beberapa manfaat teknologi AI dan data anayltics bagi BNI Life, seperti menyeleksi risiko calon nasabah, melakukan profiling dari data nasabah, mencegah terjadinya fraud, risk monitoring, dan meningkatkan efisiensi proses bisnis. 

“Kami yakin dengan penerapan teknologi ini, BNI Life akan semakin siap untuk menghadapi perubahan industri asuransi jiwa yang begitu cepat, beragam, dan memiliki berbagai macam tantangan baru, sekaligus membantu perusahaan dalam mewujudkan inovasi layanan digital yang berkelanjutan," ujar Shadiq.

Sementara itu, Megawaty Khie, Country Director, Indonesia, Google Cloud, menjelaskan bahwa 4 dari 5 institusi keuangan di kawasan Asia-Pasifik telah merencanakan peningkatan penggunaan teknologi cloud selama tiga tahun ke depan. 

“Mereka percaya bahwa cloud mampu menyimpan dan mengatur petabyte data dengan cara paling cepat dan hemat biaya, serta memfasilitasi penerapan data analytics dan alat bantu AI untuk menghadirkan pengalaman yang personal kepada generasi baru pengguna digital-first,” lanjutnya.

“Selain sebagai penyedia infrastruktur dan layanan cloud data yang terukur, aman, dan berkelanjutan, Google Cloud akan terus berkolaborasi dengan mitra lokal – seperti dengan Multipolar Technology – dan dalam inisiatif pelatihan dengan banyak lembaga pendidikan, untuk memastikan bahwa kita memiliki ekosistem yang kuat dan menyeluruh guna memenuhi kebutuhan transformasi digital di lebih banyak organisasi di Indonesia seperti BNI Life,” tambah Megawaty.

Sementara itu, menurut Herryyanto, Direktur Account Management FSI dan Commercial Multipolar Technology, industri asuransi di tanah air sedang bertransformasi menuju layanan yang modern, lengkap, dan relevan, khususnya terhadap kebutuhan generasi milenial di era digital saat ini. 

“Teknologi advanced analytics dari Google Cloud dapat diterapkan di setiap lini dan proses bisnis secara end to end, dalam upaya tercapainya operational excellence dan customer experience terbaik,” imbuhnya.

“Transformasi bisnis menuju kinerja yang berkelanjutan serta solusi-solusi inovatif adalah kunci untuk menghadapi pasar yang sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru,” tegasnya. 

Herryyanto menyatakan, Multipolar Technology sangat mengapresiasi inisiatif BNI Life mempercayakan teknologi Google Cloud untuk menghadirkan terobosan dan nilai tambah pada layanan serta memberikan kemudahan bagi pengguna dan pelanggan. 

“Kami siap mendukung kolaborasi tersebut dengan menghadirkan best practice terbaik juga dukungan tim ahli kami yang berpengalaman serta kompeten di bidangnya," pungkas Herryyanto.


Bagikan artikel ini