Manfaatkan Teknologi Cloud, Bank BTPN Kolaborasi dengan Microsoft


Microsoft

Logo Microsoft

Bank BTPN dan Microsoft kembali berkolaborasi melalui pemanfaatan ekosistem Microsoft 365 untuk mendukung implementasi sistem kerja hybrid bagi lebih dari 9.600 karyawan Bank BTPN yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
 
Dengan 66 persen pekerja di Indonesia mempertimbangkan untuk beralih ke kerja hybrid dan 83 persen karyawan di Asia Pasifik merasa tetap produktif selama bekerja hybrid, kolaborasi pemanfaatan solusi teknologi yang dapat mendukung produktivitas dan inklusivitas secara aman di dalam organisasi pun menjadi semakin kritikal.
 
“Pada awal masa pandemi, kami memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah, sehingga kami ditantang untuk memindahkan aktivitas operasional ke dunia digital sembari menjaga kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku bagi industri dengan regulasi tinggi ini,” kata Jeny Mustopha, Chief Information Technology Bank BTPN.
 
Peralihan ke sistem kerja hybrid tidak sebatas menetapkan kebijakan bekerja dari kantor dan luar kantor, namun juga mencakup keseluruhan proses transformasi digital yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan.
 
Dalam hal ini, perangkat teknologi yang digunakan harus dipastikan tetap sederhana, memungkinkan kolaborasi yang lebih aman, serta memenuhi persyaratan tanpa mengganggu produktivitas, mengingat maraknya tingkat kejahatan siber dan rentannya potensi kebocoran data individu maupun organisasi.
 
“Kami percaya teknologi, produktivitas, dan trust harus senantiasa berjalan beriringan. Termasuk Microsoft 365 yang memiliki sertifikasi keamanan serta kepatuhan internasional, sebagai bentuk komitmen kami untuk terus memberdayakan individu dan organisasi di Indonesia agar dapat mencapai lebih banyak hal,” kata Wahjudi Purnama, Modern Work GTM Lead Microsoft Indonesia.
 
Adapun dalam mengimplementasikan kerja hybrid ini, Bank BTPN salah satunya menggunakan Microsoft 365, alat kerja produktivitas modern berbasis cloud yang menggabungkan fleksibilitas tempat kerja digital dengan kontrol dan penegakkan kebijakan untuk memenuhi kerangka kerja kepatuhan yang ketat.

Sejumlah fitur seperti task and productivity monitoring, multi factor authentication, secure file sharing, dan location identifier system yang ada pada Microsoft 365 ikut mendukung Bank BTPN untuk memulai mode kerja baru di dalam organisasi.
 
Mode kerja baru antara lain dengan mendigitalisasi berbagai proses yang semula dilakukan secara manual seperti daftar hadir, tanda tangan, workspace booking, dan pengelolaan vendor, sehingga dapat ikut mengurangi penggunaan kertas.
 
Selain itu, digitalisasi juga dilakukan melalui penginisiasian tempat kerja fleksibel dalam sistem jaringan yang aman dengan menggunakan infrastruktur digital, sehingga memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah ataupun kantor. 
 
“Kolaborasi seperti chatting, telepon, bertukar file, dan brainstorming di satu digital workspace juga semakin mendukung proses kerja yang ada. Budaya dan sistem kerja yang fleksibel, efisien, dan serba digital ini memungkinkan karyawan tetap produktif seraya meminimalisasi insiden siber yang tak diinginkan,” lanjut Jeny.


Bagikan artikel ini