Bank Mandiri Optimalkan Transformasi Digital dengan Mandiri Online


Bank Mandiri Logo

Ilustrasi Logo Bank Mandiri

Revolusi industri 4.0 saat ini mendorong disrupsi di berbagai sektor, termasuk finansial atau keuangan. Disrupsi di sektor ini pun ditandai dengan pertumbuhan teknologi finansial atau tekfin. Teknologi ini pun mengalami pertumbuhan di berbagai platform.

Kemunculan teknologi finansial, mulai dari pembayaran digital hingga peer to peer lending pun membuat kompetisidi sektor ini semakin meingkat dan menantang. Bank sebagai penyedia layanan keuangan pun semakin inovatif dan agresif dalam hal inovasi digital.

Hal ini ditambah dengan permintaan Presiden Joko Widodo dalam ASEAN Business and Investment 2020 untuk semua pihak memanfaatkan situasi COVID-19 dalam hal mempercepat digitalisasi, karena ASEAN dan Indonesia memiliki potensi yang besar.

Maka menindaklanjuti arahan dari Presiden, Bank Mandiri kemudian memperkuat fokusnya dalam melakukan transformasi digital. Transformasi digital dilakukan dengan mengandalkan layanan Mandiri Online yang mengintegrasikan mobile banking dan internet banking sehingga pelanggan bisa membawa seluruh kebutuhan layanan keamanan ke dalam genggaman.

Bank Mandiri pun menyokong pengembangan digital banking ini dengan mengalihkan infrastruktur dengan model konvensional ke cloud computing. Bank Mandiri juga membangun ekosistem digital melalui Mandiri API yang terjalin dengan lebih dari 300 mitra bisnis, termasuk e-commerce terkemuka Indonesia di dalamnya platfiorm ini.

Mandiri Online menjadi layanan yang telah digunakan lebih dari 6 juta nasabah dengan nilai transaksi mencapai Rp281 triliun sepanjang kuartal III tahun 2020. Nilai ini jauh melampaui transaksi melalui ATM yang mencapai Rp244 triliun.

Mengoptimalkan transformasi digital mereka, Bank Mandiri juga memperkuat layanan digital dengan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) untuk layanan informasi perbankan melalui aplikasi percakapan populer seperti WhatsApp.

Mandiri juga menyediakan layanan digital untuk UMKM, yaitu Mandiri PINTAR yang merupakan digital sales platform untuk mempermudah masyarakat memperoleh kredit UMKM. Melalui platform ini, masyarakat hanya perlu waktu 15 menit untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah Mandiri.

Bank Mandiri pun terus melakukan adaptasi dan inovasi guna mengimbangi kebutuhan nasabah yang terus berubah, terutama di masa pandemui saat ini. Mandiri optimalkan trasnformasi digital sebisa mungkin dengan mengintegrasikan beragam teknologi untuk pelayanan dan komunikasi yang baik dengan nasabah.


Bagikan artikel ini