Modernisasi Sistem Perbankan, Bank Mega Syariah Gandeng IBM Indonesia


Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah jalin kerja sama dengan IBM Indonesia untuk lakukan modernisasi pada core banking system dan development system yang berbasis IBM Power. Modernisasi ini kemudian akan membuat Bank Mega Syariah mampu meningkatkan performa sistem hingga 300%, serta menurunkan konsumsi daya sistem sebesar 120%.

Sektor perbankan sendiri saat ini dituntut untuk terus melakukan transformasi digital agar bisa tetap kompetitif, beroperasi secara efisien, serta mampu menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik bagi nasabahnya.

Kerja sama antara Bank Mega Syariah dan IBM Indonesia menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk melakukan modernisasi, dengan memanfaatkan infrastruktur terbaru pada sistem perbankan mereka berbasis IBM Power. Solusi ini pun diimplementasikan oleh salah satu mitra IBM Indonesia, yaitu PT Multipolar Technology Tbk.

IBM Power sendiri secara khusus dirancang untuk dapat menyesuaikan beban kerja paling intensif bagi data perusahaan, menghadirkan komputasi khusus untuk kelas bisnis dengan kombinasi ketersediaan, keamanan, dan fleksibilitas dari penerapan hybrid cloud tradisional, private cloud, maupun public cloud.

“Bank Mega Syariah percaya bahwa transformasi digital mampu menghasilkan produktivitas dan efisiensi operasional yang lebih besar, dan tentunya berdampak pada kualitas layanan kami kepada nasabah,” kata IT Infrastructure, IT Security & IT OPeration Division Head Bank Mega Syariah, Darwinsyah dalam keterangan resminya, melansir dari BeritaSatu.com, Jumat (16/9/2022).

Technology & Country Leader IBM Indonesia Cin Cin Go pun turut menambahkan, bahwa IBM mendukung Bank Mega Syariah untuk dapat memanfaatkan solusi teknologi yang tepat untuk dapat meningkatkan operasi perbankannya.

“IBM Power menghadirkan kecepatan terbaik dan didukung dengan kekuatan artificial intelligence (AI) dan superkomputer, sambil memberikan keamanan dan ketangkasan yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan peraturan industri yang ketat, seperti perbankan,” tutur Cin Cin Go.

IBM Indonesia telah menjalin kolaborasi dengan PT Multipolar Technology selaku IBM Platinum Business Partner guna memastikan implementasi dari modernisasi sistem perbankan ini dapat berjalan sesuai dengan visi Bank Mega Syariah.

Presiden Direktur PT Multipolar Technology Tbk Wahyudi Chandra kemudian mengungkapkan, bahwa pengalaman dan pengetahuan mendalam yang dimiliki PT Multipolar Technology Tbk di sektor perbankan tentunya sangat mendukung perjalanan transformasi digital Bank Mega Syariah.

“Bersama IBM, kami berkomitmen untuk membantu bisnis di Indonesia bertransformasi dengan memberikan wawasan dan solusi yang inovatif,” tutur Wahyudi.

IBM sendiri telah mendorong transformasi digital di industri jasa keuangan selama lebih dari satu dekade, serta menjalin kerja sama dengan 47 perusahaan Fortune 50 dan 10 lembaga keuangan terbesar di dunia.

IBM di Indonesia juga telah menghadirkan keahlian dan pengalaman di industri, pendekatan hybrid cloud, hingga keamanan dan privasi data untuk dapat membantu perbankan menjawab tantangan kepatuhan sekaligus memenuhi kebutuhan modernisasi infrastruktur mereka.


Bagikan artikel ini