Big Data Penting untuk Mendukung Perumusan Strategi Bisnis


Big Data New

Big Data

Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan bahwa pihaknya memperoleh banyak manfaat dari penggunaan big data. Terutama dalam pemanfaatannya oleh pemerintah untuk mendukung formulasi kebijakan sehingga tepat sasaran.

CEO NoLimit Indonesia Aqsath Rasyid Naradhipa pun menyampaikan, bahwa keberadaan big data di era digital saat ini memang sangat penting. Pasalnya, banyak aktivitas yang kini memerlukan data untuk membantu berbagai proses.

“Pada era saat ini, memang apa saja itu didata. Misalnya kita ingin berbelanja, absen, dan sebagainya. Kalau bukan kita yang memanfaatkan data, data kita yang akan dimanfaatkan. Nah, karena itu peran big data di era digital saat ini sangat-sangat penting. Apalagi di era pandemi sekarang, di mana semua orang serba digital,” ujar Aqsath dalam Power Breakfast IDX Channel, Senin (18/10/2021).

Aqsath melanjutkan, bahwa keberadaan data bisa menggambarkan sebuah kondisi di masa lampau terkait sesuatu, terutama dalam hal bisnis. Seperti apakah keadaan dahulu baik atau buruk, dan data bisa membantu untuk mengetahui alasan yang membuat kondisi tersebut terjadi.

Selain itu, Aqsath mengatakan, dengan keadaan bisnis yang diketahui melalui data, maka pelaku bisnis bisa memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Hal ini tentunya didorong dengan faktor-faktor yang memungkinkan perbaikan bisa terjadi.

“Mengetahui alasan ‘kenapa’-nya, kita bisa memperbaiki masa depan atau kinerja di masa depan. Nah,  alasan ‘kenapa’ tersebut bisa dibaca melalui data yang sudah kita simpan. Jika tidak punya data, maka akhirnya nanti kita hanya bisa menebak-nebak bagaimana ke depannya,” tutup Aqsath.


Bagikan artikel ini