Bio Farma Gandeng Google Cloud, Fitbit, dan ConnectedLife


Layanan Kesehatan Digital

Layanan Kesehatan Digital

Induk Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Farmasi, Bio Farma, jalin kolaborasi dengan Google Cloud, Fitbit, dan ConnectedLife dalam rangka inisiatif kesehatan digital baru yang disebut ‘Preventive Care Medwell’. Inisiatif ini dilakukan dalam rangka mendukung visi pemerintah yaitu Indonesia Sehat.

Kolaborasi ini kemudian mengembangkan sebuah platform virtual kesehatan, ConnectedLife with Fitbit. Platform virtual ini dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, yang pertama dari jenisnya secara lokal. Tujuan platform ini dikembangan adalah untuk dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui pencegahan penyakit kronis.

ConnectedLife with Fitbit sendiri dilengkapi dengan infrastruktur dan layanan data dari Google Cloud yang terbuka serta terukur, dengan tingkat keamanan yang tinggi. Platform ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi data kesehatan pengguna menggunakan aplikasi Fitbit melalui situs web ConnectedLife di dashboard seluler.

Pengguna kemudian dapat melihat data kesehatan individu secara menyeluruh, mulai dari data gaya hidup sehari-hari, nutrisi, waktu tidur, hingga tingkat stres yang dapat mempengaruhi kesehatan pengguna.

Setelah memperoleh persetujuan dari pengguna ConnectedLife, Fitbit kemudian akan menganalisis data pengguna untuk menghasilkan skor kesehatan yang dinamis serta real time. Melalui skor ini, pengguna akan memperoleh rekomendasi kesehatan untuk memotivasi gaya hidup yang lebih sehat.

Menggabungkan data yang diperoleh dari Fitbit, data klinis dari perangkat medis lain yang terhubung selama pemeriksaan kesehatan, serta data yang dicatat sendiri, platform ConnectedLife dengan Fitbit kemudian dapat membantu individu untuk menyesuaikan gaya hidup mereka agar lebih sehat, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma Soleh Ayubi pun mengatakan, bahwa misi Bio Farma adalah untuk membantu individu memulai sejak dini untuk mencegah penyakit sampai ke sumbernya sebelum menjadi kronis. Ini merupakan salah satu alasan mengapa Bio Farma terus mendorong pemberian pemeriksaaan kesehatan dan vaksinasi secara teratur.

“Melalui inisiatif Preventive Care Medwell, kami sekarang memanfaatkan teknologi kelas dunia dan keahlian dalam data science untuk memajukan perawatan dan pencegahan yang dipersonalisasi dalam skala besar,” ungkap Soleh dalam keterangan resminya, melansir dari Tribun News, Selasa (5/7/2022).

Soleh kemudian menambahkan, bahwa dengan memanfaatkan Google Cloud dan ConnectedLife, didukung dengan kemampuan terdepan dalam industri pada Fitbit dengan teknologi wearable, infrastruktur cloud computing, cyber security, serta artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, dan pengalaman dalam membangun ekosistem digital terpercaya diharapkan dapat memberdayakan masyarakat Indonesia untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat.

Sementara Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menuturkan, bahwa Bio Farma terus melakukan transformasi digital, terutama dalam layanan kesehatan dengan melalui aplikasi telemedicine yang tengah dikembangkan untuk dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

“Guna mewujudkan layanan kesehatan yang terdigitalisasi, diperlukan kerja sama lintas sektoral, seperti dengan pihak-pihak yang memiliki kompetensi di bidangnya, seperti Google Cloud. Kami mengharapkan kerja sama ini dapat membuat inovasi di bidang layanan kesehatan digital,” tutur Honesti.

ConnectedLife dengan kemampuan terbaik yang didukung Google Cloud kemudian mengutamakan privasi dan keamanan data. Google Cloud mendukung enkripsi data, manajemen serangan siber, hingga keamanan jaringan untuk menerapkan kontrol keamanan data yang ketat dalam platform ini.

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie pun mengungkapkan, dengan ekosistem teknologi Fitbit yang memfasilitasi peningkatan kesehatan bagi jutaan orang dan didukung oleh Google Cloud, inisiatif ini telah mempercepat upaya pengembangan vaksin dan mencegah perkembangan penyakit kronis.

“Bersama ConnectedLife sebagai mitra inovasi kami, kami yakin bahwa kombinasi perangkat, perangkat lunak, dan layanan yang dipersonalisasi bersama dengan akuntabilitas yang kuat untuk perolehan data, privasi, dan perlindungan dapat membawa makna pada informasi kesehatan, memotivasi orang Indonesia untuk memgambil langkah menuju hidup sehat,” pungkas Megawaty.


Bagikan artikel ini