BNI Akan Segera Luncurkan SuperApps Terbaru dengan Teknologi AI


Ilustrasi Bank

Ilustrasi Bank

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan rencana peluncuran SuperApps terbaru dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam upaya meningkatkan pengalaman nasabah dalam bertransaksi dan mengelola keuangan. Wakil Direktur Utama BNI, Putrama Wahju Setyawan, menyampaikan hal ini dalam sebuah konferensi pers yang digelar hari ini.

Menurut Putrama Wahju Setyawan, SuperApps yang akan diluncurkan oleh BNI bertujuan untuk memberikan pengalaman yang personalise kepada pengguna melalui pemanfaatan teknologi AI. Dengan SuperApps ini, diharapkan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi serta pengelolaan keuangan dapat ditingkatkan, membawa kesenangan lebih dalam mencapai tujuan keuangan.

"Sejalan dengan strategi transformasi digital, BNI akan meluncurkan SuperApps baru di tahun ini, yang akan memberikan pengalaman personalise melalui teknologi AI sesuai kebutuhan pengguna sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi serta pengelolaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih menyenangkan," papar Putrama dalam konferensi pers, Senin (4/3/2024).

SuperApps tidak hanya menawarkan kemudahan bertransaksi, tetapi juga mengutamakan keamanan nasabah. Dengan dilengkapi teknologi cyber security protection, SuperApps BNI diharapkan dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi pengguna dalam melakukan transaksi keuangan online.

"SuperApps terbaru ini tidak hanya hadir dengan fitur-fitur yang membawa kemudahan namun juga akan dilengkapi teknologi cyber security protection untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi," jelas Putrama Wahju Setyawan.

Selain itu, BNI juga berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan guna memberikan kemudahan akses terhadap produk dan layanan keuangan. Dengan terus melakukan inovasi, BNI bertujuan untuk memperluas jangkauan layanannya dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah.

"Untuk kedepannya BNI akan terus melakukan pengembangan sehingga dapat memberikan kemudahan dalam akses produk jasa keuangan," tambahnya.

Menurut Rian Eriana Kaslan SEVP Digital Business BNI, SuperApps yang dijadwalkan akan diluncurkan pada pertengahan 2024 ini akan menawarkan pengalaman pengguna (User Experience) yang jauh lebih baik dibandingkan dengan platform sebelumnya. Fokus utama dari SuperApps ini adalah memberikan layanan yang hyperpersonalized untuk setiap nasabah, dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) terbaru.

"Inovasi ini akan memberikan pertumbuhan bisnis digital BNI yang signifikan. Kami optimistis bahwa peluncuran SuperApps ini akan meningkatkan jumlah pengguna hingga mencapai 20%," ujar Rian Eriana Kaslan dikutip dari BisnisTekno pada Rabu (27/12/2023).

Data yang dirilis dalam rapat analis BNI menunjukkan bahwa hingga September 2023, jumlah pengguna Mobile Banking BNI mencapai 15,62 juta, meningkat sebesar 20,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencatat 12,91 juta pengguna. Ini menandakan adopsi yang pesat terhadap layanan digital perbankan.

Selain itu, BNI juga tengah bertransformasi menjadi bank transaksional dengan memperkuat platform digital dan ekosistem transaksi. Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar, menyampaikan bahwa SuperApps akan menjadi solusi terdepan untuk memudahkan nasabah perorangan dalam berbagai transaksi, investasi, pembayaran tagihan, dan gaya hidup (lifestyle).

"Kami terus meningkatkan solusi digital yang solid untuk nasabah perusahaan (business banking) yang terintegrasi, efisien, aman, dan cepat," tambah Royke Tumilaar dalam acara BNI Chief Editor Gathering 2023 pada Rabu (20/12/2023).

Dalam era digitalisasi yang semakin berkembang, kehadiran SuperApps BNI dengan teknologi AI menjadi langkah strategis bagi bank untuk tetap relevan dan kompetitif di pasar. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, BNI tidak hanya menghadirkan layanan yang lebih personalise, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional serta memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih aman dan nyaman bagi nasabahnya.

Peluncuran SuperApps BNI ini juga sejalan dengan upaya bank dalam memperluas ekosistem digitalnya, yang tidak hanya terbatas pada layanan perbankan konvensional, tetapi juga mencakup berbagai layanan finansial dan non-finansial lainnya. Dengan demikian, BNI berupaya menjadi mitra keuangan yang terpercaya dan mendukung bagi masyarakat dalam mencapai tujuan keuangan mereka.

Dengan berbagai fitur dan teknologi canggih yang disediakan, SuperApps BNI diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terdepan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi dan pengelolaan keuangan mereka. Peluncuran SuperApps BNI ini juga menandai komitmen bank dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan nilai tambah bagi nasabah serta mendorong inklusi keuangan yang lebih luas di Indonesia.

Di tengah persaingan yang semakin ketat di industri keuangan digital, kehadiran SuperApps BNI diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi dan pengelolaan keuangan mereka. Dengan memberikan pengalaman yang lebih personalise, aman, dan nyaman, SuperApps BNI diharapkan dapat menjadi bagian integral dari kehidupan finansial masyarakat Indonesia.


Bagikan artikel ini