BPJS Kesehatan Tingkatkan Layanan dengan Teknologi VSAT dan Cloud


BPJS Kesehatan

Logo BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan mutu layanan mereka melalui upaya simplifikasi administrasi dan transformasi digital. Dalam rangka mendukung upaya ini, BPJS Kesehatan menggandeng teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan cloud computing.

Transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah diakses, cepat, dan setara bagi semua peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menjelaskan bahwa upaya ini mencakup penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat mengakses layanan kesehatan, "Simplifikasi layanan ini mencakup penggunaan KTP saat mengakses layanan kesehatan tanpa perlu fotokopi berkas, alur layanan rujukan yang efisien, dan digitalisasi pelayanan serta pengklaiman," ujarnya.

Meskipun BPJS Kesehatan telah berupaya meningkatkan akses layanan kesehatan bagi peserta JKN, tantangan yang dihadapi adalah ketersediaan akses internet yang handal, terutama di daerah terpencil. Agung Satya Wiguna, Chief Enterprise Business Officer PT Link Net Tbk, menyoroti teknologi VSAT sebagai solusi kunci dalam mendukung keberhasilan program transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan.

VSAT adalah teknologi komunikasi satelit yang memungkinkan akses internet dan komunikasi data di lokasi terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur kabel atau jaringan darat. Ini akan membantu memastikan bahwa peserta JKN di daerah terpencil tetap dapat mengakses layanan kesehatan secara efisien.

Tidak hanya itu, peran penting juga diberikan kepada cloud computing dalam mengoptimalkan integrasi data secara digital dalam program transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan. Teknologi cloud computing memfasilitasi penyimpanan data yang aman dan meningkatkan efisiensi operasional, sehingga diharapkan program ini dapat berjalan dengan optimal.

Dengan demikian, kombinasi layanan VSAT dan cloud computing menjadi solusi yang sangat penting untuk mendukung kegiatan di daerah terpencil dalam kerangka program transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan. Ini akan memastikan bahwa semua peserta JKN, terlepas dari lokasinya, dapat menikmati layanan kesehatan yang berkualitas. Transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan diharapkan menjadi landasan yang kuat untuk masa depan pelayanan kesehatan di Indonesia.


Bagikan artikel ini