BRI Luncurkan Platform Digital BRIBRAIN dan BRIAPI Berbasis AI


Bank BRI Logo

Ilustrasi Logo Bank BRI

Menjawab tantangan perubahan pasar dan perkembangan teknologi yang begitu cepatnya, BRI terus berupaya mengadaptasi dan menerapkan teknologi terkini.

Hal ini dilakukan BRI untuk menghadpi era disrupsi agar layanan perbankan BRI dapat semakini efisien, aman, dan menjawab kebutuhan pasar. 

Dua pengembangan IT dan digital yang menjadi bagian dari tranaformsi BRI menjadi prioritas perusahaan diantaranya adalah BRIBRAIN dan BRIAPI. 

BRIBRAIN merupakan platform digital berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning yang digunakan untuk menyimpan roses, dan mengonsolidasikan segala informasi dari berbagai sumber.

Dengan BRIBRAIN ini, meaka layanan keuangan yang dihadirkan BRI untuk nasabha dapat lebih terukut, minim risiko, terjaga kualitasnya, dan lebih efisien.

Kedua adalah BRIAPI yang merupakan Open API pertama di Asia Tenggara yang telah mendapatkan sertifikasi PA-DSS (Payment Application Data Security Standard) dari PCI Security Standard Council di Amerika Serikat.

BRIAPI berhasil menyederhanakan proses integrasi produk dan layanan dari BRI untuk berbagai aplikasi front-end, sehingga waktu integrasi dapat dipersingkat dari dua minggu menjadi kurang dari satu jam.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo menjelaskan bahwa trasnformasi digital yang dilakukan BRI adalah untuk mengembangkan digital resiiency agar bRI dapat bertahan di tengah perubahan dan disrupsi.

Melalui penerapan teknologi dan transformasi digital ini, lanjut dia, telah membantu BRI untuk merespons krisis dengan lebih baik.

Strategi transformasi digital BRi dinilai berhasil, bagaimana mengelola transisi berkelanjutan dari teknologi lama ke teknologi baru, menjadi acuan bagi perusahaan lainnya. Atas keberhasilannya melakukan transformasi digital ini juga diapresiasi dengan penghargaan bertaraf internasional.


Bagikan artikel ini