BRI Sabet Penghargaan Ajang Digital CX Awards 2021 Atas Inisiatif Teknologi AI dan Big Data


Bank BRI Logo

Ilustrasi Logo Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali meraih prestasi di kancah internasional dengan memperoleh sejumlah penghargaan di ajang Digital CX Awards 2021. Penghargaan tersebut antara lain adalah Best Fintech for CX untuk Consumer lender dan Highly Acclaimed Best Use of Data and Analytics for CX.

Penghargaan kelas dunia ini pun dianugerahkan kepada BRI atas inisiatifnya dalam mengembangkan Ceria, yaitu platform peminjaman digital pertama keluaran dari bank serta BRIBRAIN yang merupakan platform big data bertenaga kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

BRI pun memperoleh pengakuan sebagai institusi perbankan terbaik kelas dunia dalam pengembangan pengalaman pelanggan atau customer experience (CX) melalui peminjaman digital Ceria, yang didukung pula dengan pemanfaatan big data dan analitik BRIBRAIN. BRIBRAIN pun mendukung dengan terintegrasi di seluruh aplikasi solusi keuangan BRI.

Melalui platform peminjaman digital Ceria, nasabah dapat memiliki akses terhadap peminjaman atau kredit yang lebih aman, mudah, digital secara total dan self-service. Waktu pencairan dana pinjaman pun dilakukan super cepat hanya dalam hitungan menit.

BRIBRAIN mendukung Ceria dan aplikasi solusi keuangan BRI lainnya melalui platform big data yang mengusung AI. Hal ini kemudian meningkatkan manajemen riisko melalui pengambilan keputusan yang cepat, presisi, serta berbasis data. Platform ini pun dibangun atas empat scoring vortex utama; Credit Scoring, Merchant Assessment, Customer Profiling, dan Fraud Detection.

Melalui dukungan BRIBRAIN ini pula, BRI melakukan revolusi proses pinjaman dengan mengurangi waktu pencairan pinjaman dari 2 minggu menjadi 2 menit saja. Selain itu, BRI juga kemudian meningkatkan pengalaman nasabah terkait kebutuhan perlindungan data pribadi melalui berbagai program privasi data yang dapat menjamin kerahasiaan daya nasabah BRI dalam proses.

Penjaminan kerahasiaan data nasabah pun dilakukan di tengah pertumbuhan lalu lintas transaksi digital yang terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Tidak hanya itu, BRI dalam keamanan siber pun membentuk sistem manajemen risiko dan arsitektur keamanan yang kuat demi kenyamanan nasabah bertransaksi.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo menuturkan bahwa penghargaan yang diterima BRI ini merupaka sebuah pengakuan bagi tim dan mitra yang telah bekerja keras guna menempatkan BRI sebagai bank terdepan dalam transformasi digital di industri keuangan.

“Perjalanan kami dalam transformasi digital menuntun kita untuk semakin go smaller, go shorter, dan go swifter dalam melayani Indonesia. Artinya, berbagai inovasi digital yang kamu lakukan bertujuan untuk menyasar ke segmen yang semakin ultra-mikro, dengan pelayanan yang lebih cepat dan lebih mudah. Tentunya, usaha ini dilakukan untuk mewujudkan visi BRI menjadi Champion of Financial Inclusion,” tegas Indra dalam sambutannya menerima penghargaan secara virtual, Kamis (20/5/2021).

Digital CX Awards 2021 sendiri merupakan penghargaan yang digelar oleh Digital Banker, media publikasi serta riset industri perbankan yang berpusat di Singapura dan terdiri dari pakar dan ahli dalam bidang perbankan, mulai dari Deloitte Southeast Asia hingga PWC.

Penghargaan ini pun diadakan untuk menilai ekspetasi pelanggan yang berubah dengan cepat dalan ekonomi digital serta bagaimana organisasi keuangan, neo bank, fintech dan bigtech menciptakan model bisnis baru dan mentransformasi perjalanan pelanggan di semua titik sentuh digital.