BRIN: Pemanfaatan Data Science Tingkatkan Produktivitas Pertanian


Drone Pertanian

Drone Pertanian

Kepala Organisasi Riset Elektronika dan Informatika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Budi Prawara mengatakan bahwa pemanfaatan data science di sektor pertanian terus didorong untuk dapat meningkatkan produktivitas sektor tersebut.

“Digitalisasi di bidang pertanian, di mana pemanfaatan teknologi informasi seperti big data kemudian artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), dan juga machine learning (ML), dan sejenisnya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi,” kata Budi dalam sebuah diskusi virtual yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Budi mengatakan, bahwa data science di bidang pertanian akan sangat berperan dalam upaya meningkatkan produktivitas di tengah isu keterbatasan lahan dan air. Selain itu, pada saat yang bersamaan populasi Indonesia juga mengalami peningkatan secara signifikan.

Melalui diskusi yang bertajuk ‘Pemanfaatan Sains Data pada Bidang Pertanian’ ini, Budi juga mengatakan bahwa penggunaan data analytics yang merupakan bagian dari data science, dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan di sektor pertanian untuk dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam upaya mengoptimalkan usaha mereka.

Budi pun menjelaskan beberapa riset yang telah dilakukan BRIN di bidang teknologi informasi guna mendukung sektor pertanian, seperti riset dalam klasifikasi jenis dan varietas tanaman, penilaian kualitas produk pertanian, serta deteksi penyakit pada tanaman pertanian.

“Para periset di bidang sains data ini, mereka mengimplementasikan kemampuan yang ada di bidang keahliannya masing-masing di bidang pertanian dalam bentuk aplikasi atau perangkat lunak yang berbasis kecerdasan buatan.” tutur Budi.

BRIN sendiri telah memiliki beberapa produk yang dikembangkan bersama dengan mitranya, yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan di bidang pertanian. Hal ini pun dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di bidang tersebut.


Bagikan artikel ini