BRIN Dukung Percepatan Penguasaan AI Pada Sektor Strategis


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Badan riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendukung percepatan penguasaan Artificial Intelligence (AI) untuk pemanfaatan di berbagai sektor strategis.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menjelaskan implementasi teknologi Artificial Intelligence akan digunakan dalam mendukung sektor-sektor strategis seperti pertanian, efisiensi energi, keamanan siber dan industri kreatif.

"Tentu AI bukan menjadi tujuan, karena AI adalah perangkat atau teknologi pembantu. Sehingga yang menjadi fokus adalah bagaimana bisa sesegara mungkin meningkatkan penguasaann sehingga kita bisa memanfaatkan seoptimal mungkin," ujar Tri Handoko.

Dalam menghadapi dunia yang saat ini telah memasuki era transformasi industri, Indonesia telah memiliki Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial yang menjadi tonggak penerapan teknologi kecerdasan artifisal di Indonesia.

Dilansir dari Antara, Handoko menyebutkan Stranas Kecerdasan Artifisial merupakan upaya Indonesia untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi terkini, khususnya AI, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai sektor.

"Karenanya Stranas ini fokus pada etika, penciptaan talenta unggul untuk AI, strategi penguatan infrastruktur pendukung, serta rekomendasi bidang prioritas adopsi AI," tutur Handoko.

Hal ini. menjadikan STranas Kecerdasan Artifisial 2020-2045 fokus pada upaya menciptakan ekosistem sehingga Indonesia siap mengadopsi AI di berbagai sektor. Penerapan teknologi AI juga harus memenuhi etika dan tata kelola yang diatur oleh peraturan perundang-undangan.


Bagikan artikel ini