BRIN Fokus Kembangkan Riset di Bidang AI dan Big Data


Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Organisasi Riset Elektronika dan Informatika (OREI) memfokuskan riset pada bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan big data guna mendukung keanekaragaman hayati.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala OREI Budi Prawara dalam sambutannya membuka Bioinformatics Workshop Series ‘Basic Bioinformatics and Bacteria Long-Read Sequence Analysis Tools’ yang diselenggarakan secara daring pada Kamis (15/12/2022). BRIN sendiri dalam mendukung kegiatan riset ini telah menyediakan fasilitas lengkap bagi OREI.

“Contohnya seperti High Performance Computing (HPC) yang sudah ditata menjadi dua kluster, di mana untuk di kawasan Cibinong untuk komputasi, sedangkan di kawasan Serpong untuk kegiatan Graphics Processing Units (GPU),” tutur Budi.

Budi berharap fasilitas lengkap yang tersedia ini bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh sivitas BRIN, khususnya untuk periset dari bidang bioinformatik. Sementara di bidang geonomik, Budi juga berharap fasilitas tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan riset, seperti penemuan obat baru dan mengungkapkan sumber daya hayati.

OREI kemudian membuka jejaring dengan pihak terbaik untuk memperkuat riset berbasis AI dan big data di bidang bioinformatik baik di Indonesia maupun internasional. Maka dari itu, Budi juga menjalin komunikasi dengan Organisasi Kesehatan BRIN untuk menggunakan fasilitas riset terbaik.

“Kita akan mencoba untuk menginisiasi dengan OR Kesehatan untuk mengembangkan vaksin dengan menggunakan hewan uji coba sebagai tahap awal sarana untuk menggunakan fasilitas yang ada di BRIN,” jelas Budi.

Fokus penelitian pada bidang AI dan big data ini kemudian diharapkan dapat mendukung keanekaragaman hayati, khususnya di Indonesia melalui pengelolaan data dengan AI yang lebih canggih dan mumpuni.


Bagikan artikel ini