BSSN Sebut Cyber Security Sebagai Isu Strategis di Ruang Digital


Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan, bahwa pemanfaatan jaringan digital di ruang siber telah menempatkan keamanan siber atau cyber security sebagai salah satu isu strategis di Indonesia. Ruang digital sendiri saat ini telah menjadi ruang untuk masyarakat melakukan aktivitas sosial, ekonomi, politik, dan lainnya.

“Ruang siber yang dinamis dan berkaitan dengan pengembangan aspek ekonomi, sosial, politik, dan keamanan tentu membutuhkan pengelolaan maupun strategi yang tepat dalam pemanfaatannya,” tutur Deputy IV of National Cyber & Encryption Agency in Charge of Cyber Security and Encryption in Economic Sector BSSN, Edit Prima dalam acara Indonesia Cyber Security Conference 2022 di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Berkaitan dengan kegiatan ekonomi, Edit menyebutkan bahwa transaksi ekonomi digital di Indonesia pada 2021 lalu telah mencapai USD 70 miliar. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat hingga USD 146 miliar pada 2025 mendatang. Jumlah besar ini kemudian mendorong potensi ancaman keamanan siber.

Edit kemudian menjelaskan, dengan perkembangan teknologi yang masif saat ini banyak sektor infrastruktur informasi digital nasional yang mengalami interdependensi. Keberadaan interdependensi ini kemudian terdiri atas berbagai sektor seperti transportasi, pemerintahan, pelayanan publik, dan masih banyak lagi.

“Interdependensi ini kemudian membuat serangan siber yang terjadi pada satu sektor, dapat memberikan dampak pula terhadap sektor lainnya,” kata Edit.

Berkaitan dengan lanskap keamanan siber nasional, Edit menuturkan bahwa BSSN telah mendeteksi anomali trafik di Indonesia antara Januari hingga Oktober 2022, dengan jumlah lebih dari 900 juta anomali trafik.

Maka berdasarkan hasil tersebut, Edit mengungkapkan bahwa BSSN tentunya telah menjalin koordinasi dengan seluruh stakeholder untuk dapat menangani anomali, dan mencegah dampak yang lebih luas.

“Saat ini BSSN sedang menyusun konsep strategi keamanan siber nasional guna menjamin keamanan siber nasional. Strategi ini merupakan rumusan arahan kebijakan nasional dalam menggunakan seluruh sumber daya siber nasional untuk mewujudkan keamanan siber yang dapat memajukan kepentingan nasional,” pungkas Edit.


Bagikan artikel ini