CariKado, Startup Mahasiswa ITS Berbasis AI Bantu Masyarakat Cari Hadiah


Gedung ITS

Foto Gedung ITS

Sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terinspirasi untuk merancang startup bernama CariKado untuk membantu masyarakat yang sering kebingungan untuk mencari hadiah atau kado yang sesuai. Berkat ide menarik ini, startup CariKado pun memperoleh pendanaan dari Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) 2021.

CariKado sendiri menghadirkan marketplace online untuk hadiah custom dengan kategori yang bervariasi, mulai dari produk serta layanan yang direkomendasikan bagi pelanggan. Rekomendasi pilihan kado ini pun didukung dengan teknologi artificial intelligence (AI).

“Menggunakan CariKado, kita bisa mencari hadiah yang unik dan sesuai dengan anggaran masing-masing,” kata Rofita Siti Musdalifah, Ketua Tim CariKado melansir dari laman ITS, Rabu (23/6/2021).

Rofita menjelaskan bahwa CariKado cukup berbeda dengan marketplace lainnya, dikarenakan banyaknya fitur menarik yang ditawarkan. Fitur tersebut seperti layanan filter dan kategori hadiah yang disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Terdapat pula layanan custom hadiah serta rekomendasi pilihan hadiah.

“Pengguna akan mendapatkan pengalaman berbeda karena kami sangat memperhatikan user experience bagi para pengguna. CariKado didukung dengan teknologi AI berupa chatbot yang mampu memahami dan memproses permintaan pengguna,” jelas Rofita.

Keberadaan chatbot atau robot virtual ini akan membantu pembeli untuk menentukan hadiah yang dilakukan melalui pengajuan beberapa pertanyaan oleh bot. Teknologi AI ini, Rofita menuturkan, terdapat pada fitur bernama Chat Caca yang bisa membantu pembeli dengan rekomendasi pilihan hadiah.

Tidak hanya memudahkan pembeli, CariKado juga dikembangkan dan membantu para pengusaha kerajinan lokal. Rofita menyampaikan bahwa banyak usaha kerajinan yang memiliki produk bagus serta unik, namun mengalami kesulitan dalam menjangkau target pasar yang luas.

“Untuk saat ini, kami masih fokus ke UMKM yang memang sudah mulai berjualan secara daring terlebih dahulu,” ungkap Rofita.

Saat ini, CariKado yang telah memperoleh pendanaan ASMI 2021 tengah dalam tahap beta testing untuk menemukan dan mengidentifikasi sebanyak mungkin bug atau masalah dalam sistem. Rofita menyatakan, CariKado akan resmi diluncurkan pada Juli 2021, kemudian dapat diakses di carikado.online.

“Ke depannya, kami akan terus mengembangkan diri dan hadir dalam bentuk aplikasi baik di Android maupun iOS,” tukasnya.