CARRO Luncurkan Fitur Suara Berbasis AI untuk Layanan Pelanggan


Ilustrasi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Platform jual beli mobil serta unicorn otomotif pertama di Asia Tenggara, CARRO Indonesia meluncurkan sebuah fitur suara berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama Talkbot untuk memperkuat sistem pelayanan pelanggan.

Talkbot sendiri secara resmi diluncurkan CARRO pada desember 2021 lalu, dengan Indonesia sebagai pasar pertamanya sebelum memasuki negara Asia Tenggara lainnya. Fitur suara AI yang mendukung sistem personalisasi pelanggan yang ingin menjual atau membeli kendaraan melalui CARRO ini dikembangkan bersama dengan WIZ.AI, yang merupakan pengembang Voice AI bagi bisnis.

Talkbot sendiri tidak hanya bisa memberikan respon otomatis bagi pelanggan, tetapi juga bisa memahami, mendengarkan, serta berbicara dalam beberapa bahasa yang ada di Asia Tenggara dengan aksen lokal. Talkbot kemudian dapat menyesuaikan respon terhadap pertanyaan pelanggan dengan nada dan ekspresi percakapan pada umumnya.

Co-Founder CARRO Aditya Lesmana pun menegaskan bahwa CARRO secara konstan menyesuaikan diri untuk dapat melakukan interaksi lebih baik dengan pelanggan melalui berbagai cara. Hal ini untuk mendorong pengalaman terbaik bagi para pelanggan.

“CARRO akan terus berinvestasi ke teknologi dan melakukan kerja sama dengan ekosistem dengan visi yang sejalan untuk memperbaiki pengalaman jual beli para pemilik mobil,” tutur Aditya dalam keterangan resminya, melansir dari InfoKomputer, Selasa (11/1/2022).

Sementara menurut rilis dari CARRO, Talkbot telah membantu penjualan mobil sejak Desember lalu dengan melayani lebih dari 95 percakapan dengan pelanggan melalui telepon. Penggunaan fitur suara berbasis AI ini disebut CARRO juga meningkatkan kapasitas call center dalam memproses panggilan hingga lebih dari 400 persen tanpa perlu menambah sumber daya manusia (SDM).

Tidak hanya itu, Talkbot juga dapat terus melakukan percakapan hingga panggilan dengan pelanggan berakhir. Kemampuan Talkbot ini kemudian membantu CARRO meningkatkan volume potensi transaksi, dan menjadikan CARRO sebagai platform jual beli mobil yang mudah diakses oleh konsumen di Indonesia.

“Suara merupakan bagian dari masa depan teknologi AI bagi interaksi dengan pelanggan dalam ranah pelayanan pelanggan. Kerja sama WIZ.AI dengan CARRO dalam mengembangkan teknologi ini turut memungkinkan kami untuk terus bertumbuh dan merambah industri baru, yaitu otomotif sehingga mampu mendigitalisasi industri ini agar lebih banyak menjangkau pelanggan di Asia Tenggara,” kata Jennifer Zhang, CEO dan Founder WIZ.AI.

Talkbot sendiri merupakan salah satu dari serangkaian inovasi yang sudah dilakukan oleh CARRO untuk memperkuat pelayanan pelanggan. CARRO telah menyediakan proses pembelian mobil hybrid secara online dan  offline, sehingga konsumen dapat mengakses riwayat mobil lengkap secara online maupun melihat mobil dan melaksanakan test drive secara langsung di CARRO Automall dan Customer Experience Center.

Selain itu, CARRO juga menawarkan program Nationwide Delivery untuk melayani pengiriman mobil bagi pelanggan hingga ke seluruh daerah yang ada di Indonesia. Program ini memungkinkan CARRO untuk mengirim mobil dari Sabang sampai Merauke.


Bagikan artikel ini