Kolaborasi Cloud Computing Dengan AWS Dukung Penghematan Biaya


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Kolaborasi antara cloud computing dengan Amazon Web Services (AWS) ini disambut baik oleh Kemendikbud pasalnya Kabsudit penyelarasan kejuruan dan kerja sama industri Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Saryadi mengatakan bahwa dengan adanya cloud computing dapat mengurangi anggaran hardware yang dikeluarkan oleh instansi.

Workshop tersebut diadakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari yang dihadiri pihak cloud computing bersama AWS pada Senin, (19/10) yang menindaklanjuti perihal pengembangan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta perjanjian kerjasama demi meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang tersebut.

Perjanjian kerja sama dilaksanakan pada Sabtu, 10 Oktober 2020 di pendopo museum Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari. Saryadi mengatakan bahwa cloud computing mengalami perkembangan yang hebat ditandai dengan pemanfaatan app atau website sekolah sehingga sekolah tidak memerlukan biaya hardware yang mahal.

Kegiatan ini hanya menargetkan 100 guru SMK sehingga tidak semua guru dapat menjadi peserta. Guru tersebut diseleksi secara online dengan mengadakan sistem pre-test AWS yang diatas nilai 70. Namun, kegiatan ini hanya dihadiri 50 guru SMK dibidang TIK. Kerja sama ini bertujuan untuk menggiring siswa lulusan SMA untuk bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

“Makanya kami menggandeng KEK Singhasari dan AWS untuk pelaksanaan workshop ini. Tujuannya cloud computing ini pastinya lebih ke arah tekhnologi. Artinya anak anak nanti akan diarahkan menjadi praktisionernya. Di malang sudah di mulai, seperti SMK 11 dan BPDB sudah menggunakan cloud computing dan itu lebih ekonomis”, ujar Saryadi.