Alibaba Cloud: Cloud Bisa Kurangi Belanja Modal Bagi Bank Digital


Logo Alibaba Cloud

Logo Alibaba Cloud

Teknologi cloud computing atau komputasi awan kin dinilai memiliki peran yang penting dalam mendukung perkembangan industri keuangan digital di Indonesia, termasuk untuk perbankan digital.

Head of Product Solutions for Indonesia Alibaba Cloud Intelligence, Eggy Tanuwijaya mengatakan bahwa melalui layanan cloud computing atau komputasi awan bank dapat melakukan pengurangan terhadap belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk pembelian server.

“Melalui pengadopsian cloud, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan capex yang besar untuk membeli server dan tinggal menyewa sesuai dengan kebutuhan,” jelas Eggy dalam keterangan resminya, melansir dari Bisnis.com, Rabu (27/7/2022).

Selain itu, Eggy juga menuturkan bahwa penggunaan komputasi awan dan aplikasi yang berbasis cloud dapat membuat produk yang dikembangkan oleh perusahaan bisa diluncurkan lebih cepat ke pasar dan efisien.

Sementara dari sisi keamanan, Eggy menjelaskan bahwa terdapat tiga tingkat keamanan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cloud. Ketiga tingkatan tersebut antara lain adalah keamanan aplikasi, keamanan data, dan keamanan platform. Keamanan aplikasi sendiri merupakan garis pertahanan pertama untuk melindungi aplikasi pelanggan di web.

Eggy kemudian menuturkan bahwa Alibaba Cloud secara khusus telah menyediakan empat produk keamanan terkait, seperti Anti DDoS untuk serangan DDoS, Web Application Firewall untuk menyaring sebagian besar penetrasi bahaya di aplikasi, serta pusat keamanan.

“Alibaba Cloud memenuhi standar keamanan informasi domestik dan internasional, serta persyaratan industri. Alibaba Cloud juga terlibat dengan pihak ketiga independen untuk memverifikasi standar keamanan, sesuai dengan berbagai persyaratan,” ungkap Eggy.

Eggy kemudian menilai bahwa keamanan siber atau cyber security merupakan salah satu perhatian khusus, terutama bagi industri perbankan. Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri menunjukkan, bahwa industri ini merupakan salah satu sektor yang rentan terhadap serangan siber.

Alibaba Cloud sendiri merupakan penyedia produk dan layanan teknologi terdepan dengan standar internasional, yang juga menyediakan layanan cyber security. Hal ini pun didukung dengan hadirnya tiga data center dan satu scrubbing center di Indonesia.

Eggy kemudian menyampaikan bahwa Alibaba Cloud saat ini telah memiliki puluhan pelanggan di industri perbankan, yang didalamnya termasuk fintech, antara lain yaitu DANA, Astra Financial, dan Xendit. Bank BJB juga menjadi salah satu emiten bank yang telah menjalin kerja sama dengan Alibaba Cloud.


Bagikan artikel ini