CyberHub Fest 2021

Cloudflare Berikan Solusi Secure Access pada Aplikasi Berbasis Cloud


Cloudflare

Logo Cloudflare

Cloudflare adalah perusahaan asal Amerika yang membangun global platform untuk membantu perusahaan-perusahaan atau organisasi untuk mengamankan aplikasi dan employee access dari kejahatan siber atau kebocoran data.

Cloudflare juga membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membuat web atau aplikasi mereka lebih secure,  performance better, dan lebih reliable ke user dan internal employee. Cloudflare merupakan salah satu global cloud network terbesar di tahun 2021.

“Saat ini, dunia telah berubah dikarenakan adanya pandemi sehingga membuat perusahaan dipaksa mempercepat transformasi digital dan banyak perusahaan yang menggunakan digital services,” ucap Enterprise Business Development Cloudflare, Vinita Pitoomal dalam Workshop CyberHub: Simple and Fast Security Solutions for Modern Companies & Organizations, Kamis (28/01).

Transformasi digital menjadi key driver supaya perusahaan-perusahaan customer dan karyawan dapat menjalankan aktivitas perusahaan mereka. Selain itu, transformasi digital juga menciptakan diferensiasi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif.

Dalam transformasi digital terdapat tiga komponen dalam IT structure yaitu storage/compute, application, and network. Vinita mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, industri teknologi telah mengalami transisi yang awalnya menggunakan hardware dan software sendiri sampai infrastructure IT yang disewa.

Transformasi digital yang berhasil akan membutuhkan transformasi dari lapisan atau jaringan berbasis cloud as a service. Menurut Vinita, contoh yang terjadi di masyarakat yaitu saat ini masyarakat yang menonton film tidak lagi menggunakan DVD player melainkan dengan menyewa atau membayar di aplikasi film seperti Netflix, Go Play karena manfaatnya yang lebih efisien, hemat biaya. Hal ini dikarenakan masyarakat hidup berbasis langganan atau pembelian.

“Di sisi lain, data centric & hardaware apllied based sudah tidak dapat memenuhi ekspetasi kebutuhan organisasi yang modern, terlebih yang ingin mengamankan dan mempercepat aplikasi-aplikasi berbasis cloud. Kebutuhan IT bisnis saat ini lebih mengarah kepada sejumlah tantangan dengan model tersebut,” tambah Vinita.

Pada model infrastruktur IT yang lama terdapat bebrapa tantangan yaitu pembiayaan yang cukup mahal dikarenakan mengurus perangkat hardware, meningkatkan resiko pada postur keamanan yang buruk, security policy yang tidak konsisten karena menggunakan beberapa vendor, dan susah untuk expand dan scale karena kurangnya elasticity. Sehingga banyak tantangan yang akan terjadi apabila perusahaan tidak mempercepat transformasi dari segi jaringan.

Pergantian penggunaan aplikasi dan data dari model lama ke model terbaru memunculkan kebutuhan data lokal untuk mengurangi keterlambatan jaringan. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mengharuskan mengadopsi solusi komprehensif yang menggabungkan network as a service dan network security as a service dalam satu platform.

Vinita menyebutkan terdapat hal baru sebagai solusi menjaga keamanan infrastuktur IT perusahaan yaitu The Secure Access Service Edge (SASE)  yang merupakan solusi cloud native yang berfokus pada pengguna yang terpusat pada keamanan yang menyediakan Network as a service dan Network security as a service. Gartner juga memprediksi bahwa 40 persen enterprise akan mengadopsi SASE pada tahun 2024.

Cloudflare bisa membantu perusahaan mencapai transformasi digital dengan menyediakan arsitektur di lapisan jaringan berbasi cloud, user centric, dan Secure Access Service Edge bagi para customer dan pengguna.

Cloudflare memiliki tiga komponen untuk solusi teknologi yang cepat dan simpel untuk perusahaan dan organisasi di Indonesia supaya bisa proteksi IT infrastructure saat transformasi digital sedang terjadi. Komponen pertama adalah melindungi aplikasi dan karyawan, Cloudflare bisa membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan pengguna dalam mempercepat aplikasi ke karyawan atau pengguna, dan Cloudflare juga membantu mempercepat inovasi dan pengembangan aplikasi baru dengan platform yang disediakan oleh Cloudflare.