DANA Gandeng Microsoft dengan AI untuk Kemajuan Teknologi


Transformasi Digital

Ilustrasi Transformasi Digital

DANA, perusahaan fintech terkemuka di Indonesia, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Microsoft untuk memperkuat produktivitas dalam operasional bisnisnya. Kolaborasi ini mengintegrasikan GitHub Copilot ke dalam sejumlah bagian penting dari perusahaan, dengan tujuan meningkatkan efisiensi kerja para developer serta mempercepat inovasi teknologi.

Sejak Februari 2024, hampir 300 developer dari berbagai divisi di DANA, termasuk back-end, front-end, quality assurance, dan site reliability, telah memanfaatkan GitHub Copilot. Alat ini memberikan kemampuan kepada para developer untuk menulis kode secara lebih cepat, fokus pada pemecahan masalah yang lebih mendalam, dan meningkatkan kolaborasi di antara tim.

Kolaborasi strategis ini tidak hanya mencerminkan visi DANA untuk meningkatkan inklusi keuangan dan literasi di Indonesia, tetapi juga mencerminkan misi Microsoft untuk memberdayakan setiap orang dan organisasi agar dapat mencapai potensi maksimal mereka.

Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA, menjelaskan bahwa integrasi teknologi AI seperti GitHub Copilot membuka pintu bagi transformasi yang lebih besar dalam perusahaan. DANA, sejak didirikan pada tahun 2018, telah menetapkan komitmen yang kuat terhadap revolusi pembayaran digital melalui inovasi dan produktivitas. Inisiatif terbaru mereka, AI Everywhere, adalah langkah strategis dalam mengintegrasikan teknologi AI canggih ke dalam siklus pengembangan perangkat lunak yang dimiliki perusahaan, yang dilihat sebagai perpanjangan tangan bagi para engineer untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks.

Dengan lebih dari 180 juta pengguna dan 900 karyawan atau “DANAM8s,” DANA terus memperluas jangkauan dan dampaknya dengan mengintegrasikan teknologi AI mutakhir ke dalam Software Development Lifecycle (SDLC) yang dimiliki perusahaan.

Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA menjelaskan, “AI bukan hanya sebuah alat; AI adalah pembawa perubahan. Demokratisasi AI memungkinkan adopsi secara luas, karena siapa pun dapat mengoptimalkan teknologi ini untuk mengubah data yang ada dan menciptakan solusi-solusi baru.”

“Generative AI, khususnya, menghadirkan peluang tanpa batas bagi DANA untuk memahami pelanggan dengan lebih baik, membangun solusi-solusi baru, dan mendorong produktivitas. Inilah mengapa DANA sangat antusias untuk mempercepat proses adopsi AI, termasuk melalui implementasi GitHub Copilot,” sambungnya.

Salah satu aspek yang menarik dari kolaborasi ini adalah integrasi GitHub Copilot, alat pengembangan AI terdepan yang memberikan saran kode secara real-time, bantuan chat di integrated development environment, serta pemecahan konsep coding yang kompleks dalam bahasa yang lebih sederhana.

Sebagai contoh, para developer di DANA telah melaporkan pengurangan waktu coding dalam dua bulan terakhir, hasil dari bantuan yang diberikan oleh GitHub Copilot dan Copilot Chat. Selain itu, sekitar 70% developer merasa lebih paham akan berbagai kode pemrograman, yang membantu proses pengembangan menjadi lebih lancar.

Dalam wawancara, Tasya L. Diandraputri, salah satu software engineer perempuan di DANA, menyatakan bahwa GitHub Copilot telah merevolusi pengalaman coding mereka.“GitHub Copilot telah merevolusi pengalaman coding kami. Saran intuitif dan alur kerja efisiennya telah membantu memajukan proyek-proyek kami,” ujarnya.

Saran intuitif dan alur kerja efisiennya telah membantu memajukan proyek-proyek mereka. Fulki Firosyan, seorang senior developer di tim DANA, juga mengungkapkan bahwa GitHub Copilot telah membantu menghemat waktu dan meningkatkan kolaborasi di timnya.

Ross Fenton, Direktur Senior, Corporate, APAC di GitHub, menambahkan bahwa GitHub Copilot telah memberikan manfaat nyata bagi para developer di DANA, dengan peningkatan produktivitas dan pemahaman yang lebih baik terhadap kode pemrograman.

“Manfaat GitHub Copilot secara keseluruhan sungguh luar biasa, dilihat dari rata-rata developer kini mampu menulis kode 55% lebih cepat. Ketika Copilot digulirkan di seluruh organisasi, maka produktivitas dapat meningkat pesat, sehingga organisasi mampu menawarkan produk berkualitas tinggi ke pasar secara lebih cepat,” ungkap Ross Fenton.

“Kami senang melihat perusahaan seperti DANA memanfaatkan GitHub Copilot untuk meningkatkan produktivitas dan mendorong budaya belajar dan inovasi. Hasil mereka yang luar biasa merupakan bukti dari pengembangan software yang ditenagai oleh AI. Kami menantikan penggunaan AI oleh DANA untuk semakin meningkatkan kapabilitas tim teknologi mereka, membantu mendorong inklusi keuangan, digitalisasi untuk UMKM, dan mempererat hubungan antar negara di seluruh Asia, khususnya di Indonesia,” tambah Fenton.

Selain GitHub Copilot, DANA juga menerapkan solusi AI lainnya dari Microsoft, seperti Microsoft 365 Copilot dan Microsoft Azure OpenAI Service. Hal ini sejalan dengan inisiatif perusahaan mereka yang bertajuk "AI Everywhere," yang bertujuan untuk meningkatkan operasional, produktivitas tenaga kerja, dan layanan pelanggan perusahaan.

Fiki Setiyono, Azure Go to Market Lead di Microsoft ASEAN, mengatakan bahwa “Adopsi AI oleh DANA menandai momen penting dalam evolusinya, dan menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan teknologi demi transformasi masyarakat. Dengan GitHub Copilot dan teknologi AI Microsoft lainnya sebagai copilot, kami menantikan perjalanan DANA dalam upaya mereka untuk mendefinisikan kembali masa depan keuangan digital di Indonesia.”

Kolaborasi antara DANA dan Microsoft dalam mengintegrasikan teknologi AI seperti GitHub Copilot bukan hanya membuka peluang baru bagi pengembangan perangkat lunak yang lebih cepat dan efisien, tetapi juga menunjukkan keseriusan kedua perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan teknologi untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.


Bagikan artikel ini