Deep Nostalgia, Fitur Canggih Didukung AI yang Bisa Hidupkan Foto Lawas Hingga Patung


Fitur Deep Nostalgia

Fitur Deep Nostalgia

Sebuah fitur bernama Deep Nostalgia yang didukung dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bisa menghidupkan wajah seseorang dalam foto lawas hingga patung agar bisa bergerak.

Deep Nostalgia sedang populer digunakan di Twitter, dan foto-foto lawas mulai dari penemu induksi elektromagnetik Michael Faraday hingga penemu radioaktivitas Marie Curie bisa ‘hidup’ dengan menggunakan fitur ini. Foto-foto lawas tersebut akan dianimasikan sehingga bisa bergerak.

Fitur Deep Nostalgia merupakan bagian dari MyHeritage, sebuah platform penelusuran silsilah keluarga secara daring. Mendukung fitur Deep Nostalgia sendiri, MyHeritage menggunakan AI berlisensi dari D-ID untuk menciptakan efek bergerak pada foto.

Deep Nostalgia dinilai sebagai fitur yang mirip dengan iOS Live Photos yang menambahkan beberapa detik video untuk membantu fotografer smartphone menemukan jepretan foto terbaik. Perbedaan dengan Deep Nostalgia adalah bahwa fitur ini dapat mengambil foto dari kamera manapun dan menghidupkannya dengan efek animasi bergerak.

Namun, fitur ini hanya dapat menangani satu foto kepala serta hanya dapat menganimasikan wajah. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat menghidupkan keseluruhan isi foto atau tubuh dalam foto sehingga tampak seperti orang berjalan.

Deep Nostalgia pun tidak hanya dapat menghidupkan foto wajah manusia, tetapi juga bisa menganimasikan foto wajah sebuah patung. Foto dari patung David karya Michelangelo pun bisa dianimasikan dengan fitur ini.

Pengguna bisa membuka situs resmi MyHeritage untuk mencoba menggunakan fitur Deep Nostalgia ini dengan menggunggah foto yang diinginkan untuk dianimasikan. Lima foto bisa diunggah secara gratis oleh pengguna, setelah itu pengguna harus mendaftar untuk akun berbayar.

Pihak MyHeritage menyampaikan, fitur Deep Nostalgia menggunakan beberapa driver yang sudah disiapkan sebelumnya. Setiap driver yang disiapkan MyHeritage terdiri dari urutan gerakan dan isyarat yang tetap. Deep Nostalgia pun diklaim dapat dengan sangat akurat menerapkan driver ke wajah di foto yang diunggah, sehingga membuat video pendek yang dapat dibagikan.

Driver memandu gerakan dalam animasi sehingga anda dapat melihat leluhur anda tersenyum, berkedip, dan menoleh. Ini benar-benar menghidupkan foto anda,” kata MyHeritage.

MyHeritage pun menggabungkan fitur Deep Nostalgia dengan MyHeritage Photo Enchancer untuk dapat menjadikan foto buram dengan resolusi rendah menjadi fokus sheingga resolusi menjadi lebih bagus dan wajah yang ada dalam foto bisa dipertajam.

Pengguna pun sebenarnya bisa mengunggah foto yang memiliki banyak wajah didalamnya untuk dianimasikan. Namun animasi tidak dapat dilakukan secara bersamaan, pengguna harus membuat animasi terpisah untuk setiap wajah dalam foto. Setelah itu, pengguna bisa mengklik setiap wajah untuk melihat animasinya.